Terpilih Jadi Ketua DAD Kalbar 2023-2028, Ini yang Akan Dilakukan Cornelius Kimha

Cornelius Kimha terpilih sebagai ketua setelah memperoleh 13 suara yang merupakan suara terbanyak dari kandidat lainnya saat pemilihan ketua pada hari

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Faiz Iqbal Maulid
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DAD Kalbar
Pembukaan Musda ke-VI DAD Kalbar di Hotel Start Jalan Gajah Mada Pontianak, Sabtu 21 Januari 2023. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Cornelius Kimha resmi terpilih sebagai ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Barat (Kalbar) 2023-2028. Mantan Bupati Kabupaten Pontianak (Kini, Kabupaten Mempawah) tersebut menggantikan ketua periode sebelumnya Jakius Sinyor.

Cornelius Kimha terpilih sebagai ketua setelah memperoleh 13 suara yang merupakan suara terbanyak dari kandidat lainnya saat pemilihan ketua pada hari puncak musyawarah VI di Hotal Star, Jl Gajah Mada Pontianak, Sabtu 21 Januari 2023.

Pada pemilihan ketua ini terdapat 16 suara berasal dari DAD 14 kabupaten/kota, kemudian satu suara dari DAD Kalbar dan satu suara dari MADN.

Setelah terpilih sebagai Ketua DAD Kalbar Cornelius Kimha berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk menjadi Ketua DAD Kalbar.

"Maka kita berharap dukungan dari semua pihak dalam menjaga marwah dan martabat adat Dayak untuk lima tahun ke depan sehingga diperlukan kolaborasi bersama semua pihak," ujarnya.

Pemilihan Ketua DAD Kalbar 2023-2028, Wagub Ria Norsan Pesan Sama-sama Jaga Persatuan

Pada masa kepengurusannya ini terdapat beberapa program yang akan dijalankan. Di antaranya pendataan terhadap masyarakat adat Dayak. Hal itu bertujuan untuk mengetahui populasi warga Dayak di setiap kabupaten/kota di Kalbar.

Kemudian terkait dengan aset DAD Kalbar, dirinya juga akan bersinergi dengan pemda untuk membenahi aset DAD Kalbar. Selain itu, dirinya juga akan segera menyusun kepengurusan baru dalam waktu dekat ini.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Kalbar Ria Norsan berharap Dewan Adat Dayak (DAD) Kalbar dapat berkolaborasi dengan pemerintah dalam membangun Kalimantan Barat. Harapan ini disampaikan saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) VI DAD Kalbar pada Sabtu 21 Januari 2023.

Ria Norsan mengapresiasi atas digelarnya musda tersebut, yang di antara agendanya adalah Pemilihan Ketua Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Barat periode 2023-2028.

"Kami mengapresiasi Musda ini, karena hasil dari Musda ini akan menghasilkan SDM yang handal sehingga bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk membangun Kalimantan Barat," ujarnya.

Terlebih dari itu, dirinya juga berpesan untuk bersama-sama saling menjaga nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat yang heterogen ini.

"Kita dilahirkan dengan berbeda-beda suku, etnis dan agama, maka mari jadikan perbedaan ini sebagai perekat. Bukan sebagai pemecah belah. NKRI harga mati untuk kita semua," tuturnya.

DAD Kalbar Siap Gelar Musda Ke-VI di Pontianak

Ia menyebut saat ini Kalbar sudah memiliki 24 paguyuban dari berbagai etnis yang tergabung. Sehingga kehadiran lintas etnis yang tergabung dalam paguyuban itu diakui sangat membantu pemerintah dalam menyelesaikan persoalan-persoalan.

"Tentu pemerintah sangat terbantu, setiap ada permasalahan mereka ikut serta turun langsung sehingga bisa terselesaikan dengan cepat dan baik," ucapnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved