Norsan Harapkan Pramuka Jadi Generasi Terdepan Jaga NKRI

Ratusan anggota Penegak dan Pandega Gerakan Pramuka dari dari kabupaten kota se Kalbar berkumpul di Kabupaten Mempawah

Norsan Harapkan Pramuka Jadi Generasi Terdepan Jaga NKRI
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TRY JULIANSYAH
Ratusan anggota Penegak dan Pandega Gerakan Pramuka dari dari kabupaten kota se Kalbar berkumpul di Kabupaten Mempawah untuk mengikuti pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Daerah Kalimantan Barat dan Hari Pramuka ke 58 
Norsan Harapkan Pramuka Jadi Generasi Terdepan Jaga NKRI
MEMPAWAH - Ratusan anggota Penegak dan Pandega Gerakan Pramuka dari dari kabupaten kota se Kalbar berkumpul di Kabupaten Mempawah untuk mengikuti pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Daerah Kalimantan Barat dan Hari Pramuka ke 58 kegiatan ini dirangkaikan juga dengan penyerahan pengharapan kepada para tokoh yang dianggap memiliki peran memajukan Gerakan Pramuka.

Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan berharap pramuka menajdi generasi muda terdepan menjaga NKRI. Hal ini menurutnya sesuai tema peringatan 58 tahun gerakan bersama komponen bangsa siap sedia membangun keutuhan NKRI.

"Kegiatan diluar ruangan pramuka ini diantaranya menjaga persatuan NKRI, karena sejak pramuka dirancang sebagai wadah pendidikan pemuda yang siap menjaga NKRI. Karena itu pramuka bisa hadir dan diterima disetiap daerah," ujarnya.

Pramuka, menurutnya memiliki arti lenting sesuai dengan singkatannnya praja muda karana.

Baca: Kwarda Gerakan Pramuka Gelar Perkemahan Wirakarya Daerah Kalimantan Barat dan Hari Pramuka ke 58s

Baca: Tiga Jajaran Pimpinan BKKBN Kalbar Dapat Penghargaan Dari Kwarnas Gerakan Pramuka

Baca: Edi Kamtono Dianugerahi Penghargaan Lencana Pancawarsa Oleh Kwarnas Pramuka

"Ini artinya sekumpulan pemuda yang suka berkarya, terus berkreasi dan berkarya isi waktu muda dengan hal produktif," katanya.

Sementara itu Kepala Kwarda Kalbar, Suryadi mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan, namun ini merupakan sebagian dari implementasi dari hasil musyawarah daerah. Oleh karena itu pihaknya bersinergi antara kuartir daerah, pemerintah provinsi dan kabupaten kota di seluruh Kalimantan Barat untuk mengadakan agenda ini.

"Kegiatan ini dimaksudkan sebagai kegiatan bakti, disamping silaturahmi mereka berbakti, berkarya, nyata untuk berbuat sesuatu yang terbaik sehingga hasil karya nyata mereka bisa di nikmati dan bisa di rasakan, di lihat oleh masyarakat. Prinsipnya dari penegak, oleh penegak dan untuk penegak. Maka pesertanya penegak dan panitianya juga penegak. Kita orang dewasa melakukan pembinaan dan disitulah fungsi kita dan akhirnya mereka jadi generasi penerus," ujarnya.

Ia berprinsip generasi muda memiliki wawasan, memiliki kemampuan untuk bagaimana memimpin dan bisa di pimpin.

Sehingga dengan demikian ia berharap apa yang menjadi tema 58 tahun Gerakan Pramuka dan seluruh komponen bangsa menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia terwujud dalam bentuk yang konkret.

"Kegiatan kali ini bersinergi bersama, berbakti membangun negeri. Artinya membangun nyata. Kami berterimakasih pada pemerintah kabupaten kota yang telah mengirimkam peserta. Kepada kawan pers juga diucapkannya terimakasih bisa memberitakan dan menginformasikan bahwa Pramuka tidak jadul tetapi Pramuka bisa berkiprah dalam bentuk yang konkrit di setiap kegiatan yang nyata," tuturnya.

Terkiat penghargaan, Suryadi menegaskan ada kriteria dalam memberikannya. Tidak semua bisa mendapatkannya.

"Mereka melakukan berbagai kegiatan yang semuanya di arahkan kepada pembinaan pramuka. Oleh karena itu Kuartir Nasional mengapersiasi dengan memberikan penghargaan yang layak, pantas sesuai dengan petunjuk penyelengaraan tentang penghargaan," pungkasnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved