Program Mari Mulai Satu Rumah Satu Jamban Wujudkan Desa ODF di Mempawah Hulu Landak

Senada, Kepala Puskesmas Karangan, Marta Rahayu, mengapresiasi pihak desa yang telah menyediakan waktu dan tempat untuk pelaksanaan sosialisasi Jamban

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/POLSEK MENYUKE HULU
Puskesmas Karangan, Kecamatan Mempawah Hulu saat melaksanakan sosialisasi program Mamuraja di Desa Bilayuk, Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, Kalbar, Selasa 24 Januari 2023. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Puskesmas Karangan, Kecamatan Mempawah Hulu laksanakan sosialisasi Program Mari Mulai Satu Rumah Satu Jamban (Mamuraja) di Desa Bilayuk, Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, Kalbar, Selasa 24 Januari 2023.

Sosialisasi itu diikuti oleh Sekdes Bilayuk , Kepala Puskesmas Karangan, Bhabinkamtibmas Desa Bilayuk, serta seluruh kepala Dusun dan perwakilan masyarakat Desa Beliyuk.

Sekdes Bilayuk, Sipur, menjelaskan kegiatan hari itu merupakan tindaklanjut dari target jambanisasi agar lingkungan Desa Bilayuk bersih dan dapat mengurangi pencemaran lingkungan, serta sebagai upaya menurunkan angka stunting.

Senada, Kepala Puskesmas Karangan, Marta Rahayu, mengapresiasi pihak desa yang telah menyediakan waktu dan tempat untuk pelaksanaan sosialisasi Jamban Sehat tersebut.

KPU Landak Lantik 168 Anggota PPS Kecamatan Menjalin, Mempawah Hulu dan Sompak

Ia memastikan Puskesmas Karangan siap membantu dan mendampingi kegiatan nantinya guna menjadikan Desa Bilayuk sebagai Desa ODF.

Adapun dalam kegiatan itu disampaikan materi tentang Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. Dimana faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap derajat kesehatan masyarakat adalah lingkungan dan perilaku manusia.

"Perubahan perilaku sehat ini sangatlah sulit apabila masyarakat tidak mempunyai keinginan untuk merubahnya. Perubahan ini dimulai dari diri sendiri dan dimulai sejak dini, sehingga menjadi terbiasa untuk melakukan kegiatan yang lebih besar dalam rangka menuju pola hidup sehat, " ujarnya.

Menyikapi hal itu, Babinkamtibmas Desa Bilayuk Aipda Widi Suryadi, juga memastikan Polri siap mendukung program ODF tersebut. Semua pihak diimbau untuk dapat mendukung program tersebut guna mewujudkan dan terciptanya lingkungan yang sehat di Desa Bilayuk. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved