Pola Hidup Sehat

Ahli Beberkan Cara Mencegah Stroke, Khususnya Bagi Para Perokok Aktif

Stroke terjadi ketika aliran darah terputus ke bagian otak. Sebagian besar disebabkan oleh pembekuan darah atau hal lain yang menghalangi aliran.

Tribunnews
Ilustrasi stroke pada bagian otak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Penyakit stroke bisa menyerang siapa saja baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Anda perlu memperhatikan beberapa hal, sebab, terdapat beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan penyakit stroke.

Stroke terjadi ketika aliran darah terputus ke bagian otak. Sebagian besar disebabkan oleh pembekuan darah atau hal lain yang menghalangi aliran.

Kondisi ini disebut stroke iskemik. Sementara sekitar 10 persen stroke disebabkan oleh pendarahan di otak, yang diketahui sebagai stroke hemoragik.

Hilangnya Aliran Darah ke Otak Jadi Dasar Seseorang Terkena Stroke, Mengapa Bisa Terjadi?

Apakah stroke dapat dicegah?

Pada dasarnya stroke dapat dicegah. Cara mencegah stroke yang paling efektif adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan upaya mengontrol kondisi kesehatan yang meningkatkan risiko stroke.

Menerapkan gaya hidup sehat dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, hingga aterosklerosis -- kondisi arteri tersumbat oleh zat lemak, yang mana hal tersebut bisa memicu stroke.

Cara mencegah stroke Ada lima cara mencegah stroke yang terbukti efektif. Berikut penjelasannya.

1. Menerapkan pola makan sehat

Kebiasaan makan yang tidak sehat dapat meningkatkan peluang Anda terkena stroke, karena dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, kelebihan berat badan, diabetes, hingga peningkatan kadar kolesterol.

Penting untuk memastikan keseimbangan dalam pola makan Anda. Konsumsi makanan rendah lemak, biji-bijian, dan tinggi serat, termasuk sayur dan buah.

Batasi kebiasaan mengonsumsi makanan olahan, makanan tinggi garam, dan makanan tinggi gula. Mengutip Harvard Health Publishing, menurunkan berat badan setidaknya 4,5 kilogram dapat berdampak nyata menurunkan risiko stroke.

Penanganan Pertama Jika Muncul 5 Gejala Penyebab Stroke

2. Bangun kebiasaan berolahraga

Olahraga berkontribusi untuk menurunkan berat badan dan menurunkan tekanan darah, tetapi juga bermanfaat sebagai peredam stroke independen.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved