Jaga Stabilitas Bahan Pokok, Dewan Minta Pemkab Mempawah Rutin Sidak Pasar

saat sidak pihaknya langsung meninjau pada pedagang dan mengecek ketersediaan komoditas dan juga harga pangan.

Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Humas DPRD Mempawah
Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Mempawah, Safruddin Asra. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Mempawah, Safruddin Asra, meminta Pemerintah Kabupaten Mempawah melalui dinas terkait selalu melakukan pantauan stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok di pasar.

Apalagi saat ini tambah Safruddin, sudah menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, sehingga ketersediaan dan harga bahan pokok harus bisa dikendalikan.

"Menjelang Natal dan Tahun Baru ini kita berharap pemkab bergerak cepat, dengan selalu melakukan pantauan pasar. Dalam hal ini fungsi dari Dinas Perindagnaker dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) harus lebih gencar melakukan monitoring, jangan sampai terjadi inflasi daerah menjelang Natal dan tahun baru,” tandas Safruddin yang merupakan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Mempawah ini, Kamis 10 Desember 2022.

"Kemudian, apabila ada kelangkaan bahan pokok, maka harus ditelusuri. Jangan sampai ada pedagang-pedagang nakal yang melakukan penimbunan bahan pokok yang mengakibatkan tidak stabilnya harga bahan pokok," ujarnya yang mengimbau masyarakat agar tidak terlalu panik berlebihan, dan berbelanja bahan pokok sesuai kebutuhan.

"Kepada seluruh lapisan masyarakat, kita meminta agar berbelanja sesuai kebutuhannya, dan apabila di pasar ditemukan ada kenaikan harga jangan terlalu panik berlebihan, dan jangan sampai berbelanja melebihi kapasitas belanja sehari-hari, karena dengan itu nantinya yang turut akan membuat stabilitas harga semakin tidak normal," terangnya.

Pemkab Mempawah Sidak Pasar Pastikan Harga dan Bahan Pokok Terkendali Jelang Natal dan Tahun Baru

Gelar Sidak

Sementara tu, jajaran Pemkab telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Sebukit Rama Mempawah dan Pasar Sungai Pinyuh, Rabu kemarin

Sidak dipimpin Staf Ahli Bupati Mempawah Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Didik Krismanto, untuk mengecek ketersediaan harga dan kebutuhan bahan pokok (pokok).

Turut serta Kadis Perindagnaker Johana Sari Margiani, Kadis DPMKUKMPTSP M Iqbal Suparta, Kasat Pol PP Kuntum Indah Pertiwi, perwakilan sejumlah OPD terkait, Tim TPID, dan Satgas Pangan.

Didik Krismanto, mengatakan, sidak yang dilakukan pihaknya ada di dua titik pasar, yakni Mempawah dan Sungai Pinyuh.

"Betul, kemarin kita telah melaksanakan sidak pasar yakni di pasar Sebukit Rama Mempawah dan pasar Sungai Pinyuh. Kita lakukan untuk menjaga agar tidak terjadinya inflasi menjelang Natal dan Tahun Baru," ujar Didik.

Didik menyampaikan, saat sidak pihaknya langsung meninjau pada pedagang dan mengecek ketersediaan komoditas dan juga harga pangan.

Antisipasi Penimbunan Sembako, Polsek Air Besar Rutin Lakukan Sidak Pasar

Dirinya menjelaskan, monitoring ini rutin dilakukan guna mendukung Gerakan Nasional Pengendali Inflasi Pangan dan memastikan ketersediaan bapok jelang Nataru, demi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Alhamdulilah, ketersediaan stok dan harga masih tetap stabil, dan untuk harga hanya telur dan cabe yang memang mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan,” ujarnya.
Ia pun meminta masyarakat tidak khawatir dengan ketersediaan barang maupun harga komoditi di pasaran.

"Intinya jangan panik berlebihan, karena pemerintah daerah akan terus melakukan monitoring di lapangan untuk menjaga stabilitas harga maupun bahan pokok," tutupnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved