Satlantas Polres Landak Belum Terapkan Tilang Elektronik dan Manual

Kasat Lantas Polres Landak, Iptu Teguh Supriyadi mengatakan hingga saat ini tilang elektronik belum dilaksanakan. Hal itu karena pihaknya masih menung

Tribunpontianak/Marpina Sindika Wulandari
Kasat Lantas Polres Landak, Iptu Teguh Supriyadi saat ditemui di kantornya pada Jumat 28 Oktober 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Sat Lantas Polres Landak belum terapkan tilang elektronik dan tilang Manual. Pelanggar lalu lintas hanya diberikan teguran.

Kasat Lantas Polres Landak, Iptu Teguh Supriyadi mengatakan hingga saat ini tilang elektronik belum dilaksanakan. Hal itu karena pihaknya masih menunggu petunjuk lebih lanjut. Begitupula dengan tilang manual yang juga tidak dilaksanakan.

"Jadi untuk sementara pelanggaran kendaraan hanya diberikan teguran-teguran. Karena kebijakan Ditlantas itu hanya boleh tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE). Teguran juga dalam bentuk lisan dan tulisan," jelas Iptu Teguh pada Jumat 28 Oktober 2022.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Graha Bhayangkara Landak, Kapolda: Dapat Wujudkan SDM Berkualitas

Lebih lanjut, Kasat Lantas menuturkan teguran yang sampai saat ini sudah diberikan berjumlah sekitar 400 teguran. Dimana teguran tersebut diberikan bagi pengendara yang terjaring Operasi Zebra Kapuas 2022 yang dilaksanakan selama 2 pekan.

Dimana dominan pelanggaran terjadi karena pengendara tidak melengkapi atribut saat berkendara, seperti tidak ada spion, helm dan tidak menggunakan safety belt. Sedangkan untuk kalangan masyarakat yang paling banyak terjaring operasi adalah para pelajar hampir 50 persen yang tidak memiliki SIM.

"Karena saat ini kendaraan angkutan sekolah antar kampung tidak ada.  Jadi anak-anak ini terpaksa menggunakan motor untuk sekolah walaupun melanggar aturan. Kita menyarankan paling tidak melengkapi kelengkapan saat berkendara, Tapi rata-rata setelah ditegur mereka sadar dan tidak mengulangi lagi. Lucunya memang banyak yang diberikan teguran tertulis tetapi menganggap ditilang," pungkas Kasat.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved