Kalimantan Barat Penghasil Sawit Terbesar ke 2 Setelah Riau, Pemprov Tekankan Indeks Desa Membangun

Munsif mengatakan dari sisi apapun, wajar Kalbar sebagai tumpuan mewujudkan Kalbar maju dan sejahtera. Namun, ada indikator makro yang harus diperhati

Penulis: Maskartini | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/MASKARTINI
Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalbar Muhammad Munsif. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalbar Muhammad Munsif mengatakan Gubernur Kalimantan Barat sangat menyoroti perkembangan perkebunan sawit di Kalbar.

"Gubernur sangat menyoroti perkebunan sawit sebagai konsen beliau di Kalbar. Wajar saja, mengingat Kalbar maju dan sejahtera karena ditopang oleh perkebunan, kita harus bangga karena kita diposisi kedua setelah Riau dari hasil dan sisi luas lahan," ujar Munsif, Selasa 20 September 2022.

Munsif mengatakan dari sisi apapun, wajar Kalbar sebagai tumpuan mewujudkan Kalbar maju dan sejahtera. Namun, ada indikator makro yang harus diperhatikan yaitu Indeks Desa Membangun (IDM).

Gapki Kalbar dan anggotanya diharapkan Munsif jadi pionir dalam kegiatan ini. Ia juga mendorong perusahaan diluar Gapki Kalbar untuk bergabung agar bersama memajukan desa.

Pemprov Kalbar Dorong Tumbuh Kembang Pelaku Usaha dan Koperasi

"Bagaimana kondisi IDM? Apakah sudah berstatus desa mandiri, minimal di desa konsesi itu sendiri. Kedua berkaitan dengan masalah kemiskinan berkaitan dengan pengangguran. Kita bersyukur, tahun ini pengangguran berkurang, karena sejahteranya perusahaan menyasar tenaga kerja di pedesaan," ujarnya.

Ketiga, konsen Gubernur Kalbar kata Munsif adalah stanting.

"Ini lah mengapa, inisiatif menteri koperasi UKM yang berhasil memancing presiden menjadi juri di wilayah kepala sawit dibangun instalasi minyak makan merah. Itu lah yang akan diangkat kembali karena minyak makan merah mengandung vitamin A dan E," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved