Warga Tak Sabar Duplikasi Jembatan Kapuas 1, Pekan Ini Peletakan Batu Pertama

Karena yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat adalah kemacetan. Kasian warga jika setiap hari dihadapi kemacetan

Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK/MUHAMMAD ROKIB
Petugas mulai merobohkan bangunan dan membersihkan lokasi yang terkana pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I Pontianak Kalimantan Barat, Kamis 1 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Proses Pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I Pontianak mulai dikerjakan, Kamis 1 September 2022.

Saat ini sudah masuk pada tahap persiapan untuk pemancangan tiang pertama pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono.

Di lokasi sedang dilakukan sejumlah persiapan, seperti pembersihan lokasi untuk pembangunan, penebangan pohon, membereskan tanaman atau pepohonan, billboard, pagar, dan bangunan.

Edi Rusdi Kamtono mengatakan, saat ini juga sedang dilakukan boring atau pengeboran terhadap tanah yang akan dijadikan lokasi untuk pembangunan. Sebagaimana diketahui, boring merupakan satu di antara metode yang dipakai untuk menganalisa lapisan tanah untuk dijadikan lokasi pondasi bangunan yang akan dilaksanakan.

“Selain itu juga, saat ini sedang melakukan persiapan peralatan untuk digunakan nantinya. Ini kita lakukan supaya pembangunan nanti bisa berjalan cepat dan lancar," ungkapnya.

Pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I Pontianak Tahap Persiapan Untuk Pemancangan Tiang Pertama

Wako Edi Rusdi Kamtono menyebut, bahwa rencana pemancangan tiang pertama pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. "Pekan-pekan ini akan dimulai pemancangan tiang pertama," ungkapnya.


Dalam pelaksanaan proyek multiyers yang memiliki masa kontrak hingga Maret 2024 ini, pemenang tendernya adalah PT Wijaya Karya yang merupakan BUMN. Wako Edi pun mamahami atas keterlambatan waktu pelaksanaan pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I yang rencana awalnya akan dilakukan pemancangan tiang pertama pada Juni namun ditunda.

Hal tersebut dikarenakan dalam pelaksanaan pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I harus menerima persetujuan dari Menteri Keuangan terkait dengan proyek multiyers tersebut. Namun saat ini, Wako Edi menerangkan, bahwa semua proses tahapan demi tahapan sudah berjalan dengan lancar.

Proses Pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I Mulai Dikerjakan

Namun demikian, Wako Edi menerangkan, bahwa pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk kelancaran pelaksanaan pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I.

Dalam pelaksanaan pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I, faktor cuaca juga berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya pembangunan. "Faktor cuaca bisa menghambat, terkhusus untuk pengecoran. Maka kita harap mudah-mudahan cuaca mendukung.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved