Vaksinasi PMK Kalbar Capai 21.644 Dosis, 2.777 Ternak Sapi Divaksin Dalam Gerakan Kalbar Merdeka PMK

Munsif mengatakan vaksinasi PMK penting karena bertujuan untuk menginduksi kekebalan atau imunitas dalam tubuh sapi yang sehat terhadap potensi infeks

Penulis: Maskartini | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/MASKARTINI
Persiapan launching gerakan vaksinasi massal " Menuju Kalbar Merdeka PMK". 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar, Muhammad Munsif mengatakan saat ini Kalbar sudah menerima alokasi vaksin PMK dari pusat sebanyak 63.900 dosis yang dikirim dalam 3 tahap, pertama 3.900 dosis kemudian kedua dan ketiga masing-masing 30 ribu dosis.

"Hingga hari Rabu 17 Agustus 2022, realisasi vaksinasi telah dilakukan 13 kabupaten kota, dgengan capaian 21.644 dosis atau 6,8 persen dari target alokasi vaksin sebesar 315.632 dosis se-Kalbar," ujar Munsif pada Kamis 18 Agustus 2022.

Semua Kabupaten Kota kecuali Kota Pontianak kata Munsif sudah melaksanakan gerakan pelayanan vaksinasi PMK di daerahnya. Sementara Kota Pontianak belum bisa mulai karena pop ternaknya yang memenuhi syarat divaksin PMK saat ini masih kurang dari 50 ekor.

Sebagai syarat minimal jumlah ternak harus 100 ekor agar 1 botol vaksin untuk 100 dosis bisa optimal dimanfaatkan karena sisanya akan rusak dalam tempo 6 jam setelah seal botol vaksin dibuka.

Munsif mengatakan vaksinasi PMK penting karena bertujuan untuk menginduksi kekebalan atau imunitas dalam tubuh sapi yang sehat terhadap potensi infeksi oleh virus PMK.

"Untuk mencapai tujuan imunitas tersebut, setiap sapi (diutamakan) betina divaksin sebanyak 3 x, vaksin kedua 4 minggu atau 1 bulan setelah vaksin I, sedangkan vaksin ke-3 (booster) diberikan 6 bulan sejak vaksin pertama.

Update Kasus PMK di Kalbar, Munsif: Tidak Ada Kasus Baru, Zero Kasus

Munsif mengatakan untuk tujuan menginduksi kekebalan, minimal 70 persen dari sisa total populasi ternak terutama sapi di Kalbar yakni sekitar 105 ribu ekor akan divaksin 3 kali sehingga alokasi vaksin PMK untuk Kalbar dibutuhkan 315.632 dosis.

Untuk memberi semangat ke jajaran petugas di 14 kabupaten kota, maka peringatan HUT ke-77 RI kata Munsif dijadikan momentum untuk memotivasi percepatan operasi dengan menggelar Gerakan Vaksinasi Massal Mewujudkan Kalbar Bebas PMK.

"Kami menyadari, gerakan vaksinasi massal PMK ini pelaksanaannya tidaklah mudah. Karena target ternaknya terpencar dan sebagian besar tidak dikandangkan atau dilepas liarkan. Namun, Alhamdulillah Gerakan Kalbar Merdeka PMK di 17 Agustus 2022 berhasil memvaksin 2.777 ekor ternak sapi sehingga total capaian vaksinasi PMK se Kalbar tercatat sebesar 21.644 dosis/ekor," ujarnya.

Adapun capaian tertinggi adalah Kabupaten Ketapang yakni 7.825 dosis (11.59 persen) dan terendah di Kab Landak yakni 272 dosis/ekor. Untuk vaksinasi ia mengatakan tidak ada posko vaksin, adapun pola pelayanannya adalah petugas dalam bentuk Tim mendatangi kandang.

"Petugas yang mendatangi dan mengkondisikan ternak sapi yang lepas liar untuk bisa dihalau ke kandang jepit agar bisa divaksin dan di tandai dengan eartag," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved