Breaking News:

ATURAN PNS Terbaru Oktober 2021 - Disiplin Ditingkatkan, Gaji Terancam Dipangkas dan Turun Pangkat

Para ASN harus kerja lebih ekstra disiplin jika tidak ingin penghasilan seperti tunjangan hingga gaji dipangkas bahkan sanksi turun pangkat.

Penulis: Rizky Zulham | Editor: Rizky Zulham
NET/GOOGLE
Ilustrasi PNS. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Aturan PNS terbaru Oktober 2021 membuat para ASN harus kerja lebih ekstra disiplin jika tidak ingin penghasilan seperti tunjangan hingga gaji dipangkas bahkan sanksi turun pangkat.

Pemerintah memperbaharui aturan tentang disiplin pengawas negeri Sipil (PNS) yaitu leini PP 94 tahun 2021 tentang Disiplin PNS.

Aturan itu kan menggantikan PP 53 tahun 2010 yang juga mengatur disiplin PNS.

Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Otok Kuswandaru menyampaikan, salah satu sanksi disiplin kepada PNS adalah pemotongan tunjangan kinerja alias tukin.

Ramai Kasus Nyogok Demi Lulus CPNS, Berapa Sih Besar Gaji PNS Lengkap dengan Tunjangan Per Bulan?

"Dalam PP ini, dalam jenis hukuman disiplinnya ada yang menyiapkan pemotongan tukin itu menjadi bagian untuk hukuman," kata Otok dalam webinar yang diadakan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Rabu 6 Oktober 2021 seperti dikutip dari Kompas.TV.

Pemotongan tukin termasuk dalam kategori hukuman sedang.

Tukin PNS yang tidak disiplin akan dipotong 25 persen dan dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan, 9 bulan, dan yang terberat selama setahun alias 12 bulan.

Tergantung pelanggaran disiplin yang dilakukan.

Potongan tukin menggantikan beberapa sanksi disiplin yang lama berupa penundaan kenaikan gaji berkala, penundaan kenaikan pangkat, dan penurunan pangkat lebih rendah.

Otok juga mengungkap sejumlah sanksi baru lainnya.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved