Breaking News:

Menuju Digitalisasi Layanan Satu Pintu, DPMPTSP Ketapang Manfaatkan Inovasi Dosen TI Politap

Perjanjian kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara Bupati Kabupaten Ketapang dan Direktur Politeknik Negeri Ketapang beberapa waktu yang

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Direktur Politeknik Negeri Ketapang Endang Kusmana bersama Kepala DPMPTSP Syamsul Islami usai melaksanakan penandatanganan kerjasama. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Direktur Politeknik Negeri Ketapang (Politap) Endang Kusmana dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Ketapang Syamsul Islami melaksanakan penandatanganan kerjasama pembangunan dan pengembangan sistem informasi yang dikelola DPMPTSP Ketapang.

Penandatanganan dilakukan di gedung Laboratorium Terpadu Politap, Jumat 5 Maret 2021.

Perjanjian kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara Bupati Kabupaten Ketapang dan Direktur Politeknik Negeri Ketapang beberapa waktu yang lalu.

Endang Kusmana dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama dengan DPMPTSP ini merupakan salah satu bentuk pemanfaatkan hasil inovasi Dosen untuk dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya di DPMPTSP.

Untuk itu pihaknya sangat senang sistem digitalisasi di lingkungan Politap yang sudah dilaksanakan selama dua tahun ini dapat dikembangkan oleh DPMPTSP sebagai bentuk kontribusi Politap untuk pembangunan Kabupaten Ketapang khususnya dalam peningkatan kualitas layanan.

Baca juga: Kadisbun Kalbar Sebut Data Kompilasi Terakhir 500 Hektare Lahan Terbakar, Terluas di Ketapang

"Inovasi yang dilakukan Dosen Politap dalam pengembangan sistem informasi terpadu di Politap telah mendorong sistem kerja yang akuntabel, efisien dan efektif. Hal ini sesuai dengan misi Politap untuk mewujudkan Politap Paperless," ujar Endang.

Selain itu, Endang menambahkan sistem terpadu di Politap dikembangkan oleh para Dosen Politap sendiri melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Ketapang Syamsul Islami mengaku bersyukur atas kerjasama yang dilakukan dengan Politap.

Menurutnya kerjasama tersebut merupakan pilot project untuk memanfaatkan hasil inovasi Dosen Politap.

"Ini suatu bentuk dorongan dari pihak kami untuk terus berinovasi kepada Dosen Politap. Yang mana hasil-hasilnya nanti dapat dimanfaatkan untuk peningkatan layanan sehingga lebih efisien dan efektif secara terintegrasi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Informatika Politap Eka Wahyudi sangat senang, hasil inovasi Dosen-Dosen Jurusan Teknik Informatika dimanfaatkan oleh DPMPTSP.

Baca juga: Kadisdik Sebut Vaksinasi Terhadap Guru Sebagai Upaya Persiapan Pembelajaraan Tatap Muka di Ketapang

Menurutnya lingkup kegiatan kerjasama ini akan mendorong pemanfaatkan teknologi informasi dalam meningkatan layanan DPMPTSP untuk mendukung iklim penanaman modal berbasis digital.

"Sistem yang akan dikembangkan akan membantu DPMPTSP dalam penataan arsip digital yang dapat dimanfaatkan oleh pegawai, manajemen dan masyarakat terutama menyangkut sistem kepegawaian," jelasnya

Lebih lanjut, Eka menambahkan, kegiatan ini juga merupakan rumusan hasil diskusi baik dari pihak DPMPTSP maupun Politeknik Negeri Ketapang.

Pada penandatangan perjanjian kerjasama ini dihadiri Kepala Dinas DPMPTSP, Kepala Bidang dan Kepala Seksi serta unsur dari Politap para Wakil Direktur, Kepala Pusat, Ketua Jurusan, Koordinator Program studi dan sejumlah Dosen di lingkungan Politeknik Negeri Ketapang. (*)

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved