Breaking News:

BPBD Ketapang Ajak Seluruh Stakeholder Bersinergi Tangani Karhutla

Kepala BPBD Ketapang Yunifar Purwantoro mengatakan kegiatan ini merupakan satu diantara langkah yang diambil dalam rangka meningkatkan upaya pencegaha

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Rapat Koordinasi Penanganan Karhutla di Kabupaten Ketapang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar rapat koordinasi penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dengan sejumlah stakeholder setempat.

Rapat yang digelar di aula kantor Manggala Agni Ketapang Senin 1 Maret 2021 itu, diikuti oleh sejumlah intansi yang terdiri dari Polres Ketapang, Kodim 1203/Ketapang, Kejaksaan Negeri Ketapang, Lanal Ketapang, Manggala Agni, Perwakilan Damkar, BMKG Ketapang serta tamu undangan lainnya.

Kepala BPBD Ketapang Yunifar Purwantoro mengatakan kegiatan ini merupakan satu diantara langkah yang diambil dalam rangka meningkatkan upaya pencegahan dan penanganan Karhutla di Ketapang.

"Kami mencoba merumuskan sebuah formulasi garis komando untuk pergerakan personel dalam proses pemadaman serta merumuskan kebijakan untuk pencegahan. Seperti usulan pengelolaan lahan gambut, agar tidak menjadi langganan titik api di musim kemarau," kata Yunifar, Senin 1 Maret 2021.

Baca juga: Tingkatkan Suplai Air untuk Pemadaman Karhutla, Dinas PUPR Pontianak Lakukan Normalisasi Parit

Untuk itu, pada kesempatan tersebut Yunifar juga menekankan agar setiap instansi terkait nantinya dapat memberikan rekomendasi nama personel serta sarana yang akan di libatkan dalam tim terpadu penanggulangan Karhutla di Ketapang.

"Nantinya akan menjadi ujung tombak Pemerintah Daerah dalam mengatasi bencana Karhutla," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Ketapang AKBP Wuryantono melalui Kabag Ops Polres Ketapang Kompol Aditya menambahkan bahwa potensi ancaman Karhutla di Kabupaten Ketapang akan sulit ditanggulangi jika tidak ada sinergitas antar pihak.

Untuk itu, ia mengajak semua pihak dapat bersama-sama ikut dalam rangka upaya pencegahan dan penanganan Karhutla di Kabupaten Ketapang.

"Termasuk masyarakat juga berperan pentiu dalam mencegah terjadinya Karhutla. Kita butuh bersinergi dalam mengentaskan permasalahan ini," tandasnya. (*)

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved