Breaking News:

Tingkatkan Suplai Air untuk Pemadaman Karhutla, Dinas PUPR Pontianak Lakukan Normalisasi Parit

Saat ini, Normalisasi dan Pembuatan kolam air itu sudah mulai dilakukan di wilayah kecamatan Pontianak Selatan dan Pontianak Tenggara.

TRIBUNPONTIANAK/Ferryanto
Eksavator saat sedang melakukan normalisasi Parit di Jalan Perdana Kota Pontianak guna melancarkan sumber air untuk proses pemadaman lahan yang terbakar, Senin 1 Maret 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Berusaha menanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan di Kota Pontianak, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pontianak melakukan normalisasi parit serta pembuatan kolam air di lokasi rawan kebakaran hutan dan lahan.

Saat ini, Normalisasi dan Pembuatan kolam air itu sudah mulai dilakukan di wilayah kecamatan Pontianak Selatan dan Pontianak Tenggara.

"Sesuai arahan Walikota karena di daerah tersebut sering terjadi kebakaran lahan bahkan sampai beberapa hari ini kebakaran masih terus berlangsung, dan hujan belum turun, sehingga ketersediaan air semakin menipis, oleh sebab itu kita lakukan normalisasi ini,"papar Kapala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pontianak Ir Firayanta, Mt, ditemui di Kantornya Senin, 1 Maret 2021.

Baca juga: Status Kota Pontianak Darurat Asap, Edi Imbau Warga Kurangi Aktivitas Diluar Rumah

Diharapnya, dengan normalisasi parit dan pembuatan kolam air di sekitar lokasi rawan karhutla tersebut dapat menyuplai air kepada pemadam bilamana diperlukan guna Pemadam lahan yang terbakar.

Terdapat 20 titik lokasi kolam air yang terintegrasi dengan parit - parit yang dibuat oleh dinas PUPR menggunakan alat berat, dimana hal tersebut sesuai dengan arahan dari BPBD Kota Pontianak.

"Atas arahan dari BPBD kita sudah buat 20 kolam untuk sumber air, dan kita mengerahkan 2 Eksafator,"ujarnya.

"Sebenarnya ini bukan normalisasi keseluruhan, namun hanya titik titik lokasi yang rawan kebakaran lahan, agar memudahkan petugas pemadam kebakaran mendapat suplai air,"tutupnya. (*)

Penulis: Ferryanto
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved