Breaking News:

Kesigapan PRCPB Koramil Matan Hilir Utara Bersama Stakeholder Atasi Karhutla di Lahan Gambut

Setelah mendapat laporan, PRCPB Koramil 1203-12/Mhu melakukan koordinasi singkat dengan instansi terkait yang kemudian dengan cepat bergerak ke lokasi

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
PRCPB Koramil Matan Hilir Utara bersama Tim Gabungan Saat Berusaha Memadamkan Api di lahan Gambut, Desa Tempurukan, Kecamatan Muara Pawan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Koramil 1203-12/Mhu bersama stakeholder lainya melakukan pemadaman api di wilayah binaanya, Jumat 19 Februari 2021.

Pemadaman dilakukan berawal dari adanya laporan dari Babinsa Tempurukan Kopka Andi Sugiarto yang melapor telah terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Jalan Karimunting, Dusun Karya Abadi, Desa Tempurukan, Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang.

Setelah mendapat laporan, PRCPB Koramil 1203-12/Mhu melakukan koordinasi singkat dengan instansi terkait yang kemudian dengan cepat bergerak ke lokasi kebakaran.

Baca juga: Tim Gabungan Padamkan Api yang Membakar Lahan Seluas Dua Hektar di Desa Kalibaru

Dalam aksi tersebut telihat sinergitas antara TNI- Polri, Manggala Agni Daops Ketapang, BPBD Ketapang, Perangkat Desa Tempurukan, International Animal Rescue (IAR) Ketapang, Damkar PT Mohairson Pawan Khatulistiwa (MPK) serta Masyarakat Peduli Api (MPA) melakukan pemadaman kebakaran lahan gambut.

Danramil Matan Hilir Utara Kapten Inf Suparno yang memimpin langsung pemadaman api tersebut mengatakan

"Api baru dapat kita dipadamkan satu jam kemudian berkat kekompakan tim dan warga," kata Kapten Inf Suparno.

PRCPB Koramil Matan Hilir Utara bersama Tim Gabungan Saat Berusaha Memadamkan Api di lahan Gambut, Desa Tempurukan, Kecamatan Muara Pawan.
PRCPB Koramil Matan Hilir Utara bersama Tim Gabungan Saat Berusaha Memadamkan Api di lahan Gambut, Desa Tempurukan, Kecamatan Muara Pawan. (TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA)

Ia melanjutkan, kondisi hutan dan lahan dimusim kemarau saat ini sangat rentan dengan kebakaran. Sehingga perlu kehati-hatian dan kewaspadaan dalam membakar sampah maupun membuang puntung rokok yang masih menyala.

"Saya mengimbau agar warga khususnya di wilayah binaan Koramil Matan Hilir Utara untuk berhati-hati dan tidak membakar lahan pada musim seperti saat ini," tandasnya. (*)

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved