Breaking News:

Perkuat Keandalan Pasokan Listrik, PLN Ketapang Lakukan Pemeliharaan Mesin Pembangkit

Dengan pemeliharaan ini diharapkan kedua mesin pembangkit PLTU Sukabangun dapat beroperasi maksimal dalam melayani pasokan listrik di bulan Ramadan da

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Upaya yang Dilakukan Petugas PLN Ketapang Dalam Menjaga Keandalan Listrik di Ketapang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Dalam rangka menjaga kontinuitas dan keandalan mesin pembangkit, PLN UP3 Ketapang melakukan pemeliharaan berkala terhadap PLTU Unit 1 Sukabangun yang akan berlangsung pada 15 Februari hingga 11 Maret 2021.

Pemeliharaan ini merupakan kelanjutan dari pemeliharaan PLTU unit 2 yang sudah selesai dilaksanakan di pertengahan Januari 2021 yang lalu.

Dengan pemeliharaan ini diharapkan kedua mesin pembangkit PLTU Sukabangun dapat beroperasi maksimal dalam melayani pasokan listrik di bulan Ramadan dan Idul Fitri yang akan tiba beberapa bulan lagi.

"Pemeliharaan tersebut akan berdampak pada menurunnya kapasitas pasokan listrik menjadi posisi siaga atau cenderung defisit terutama pada saat beban puncak malam hari pukul 17.30 - 21.00 Wib sebesar dua hingga lima MW. Atau sekitar 15 persen beban listrik Kabupaten Ketapang," kata Manager PLN UP3 Ketapang Sanggam Sinaga, Minggu 14 Februari 2021.

Dalam upaya percepatan pelaksanaannya, PLN menurunkan 200 orang personel tenaga teknisi yang berkompeten guna memastikan pelaksanaan pemeliharaan berjalan cepat, efektif dan memenuhi standar keselamatan ketenagalistrikan.

Baca juga: Kerap Diterpa Isu Negatif, Ini Penjelasan Manajer PT MBK

"Selain itu dalam upaya meminimalisir dampak adanya pemeliharaan ini, PLN akan memaksimalkan pengoperasian seluruh mesin yang ada termasuk mesin PLTU unit 2 yang telah selesai dipelihara," jelasnya.

Untuk itu, Sanggam mengajak masyarakat Ketapang untuk dapat berpartisipasi atau ikut berkontribusi dengan mematikan peralatan listrik yang tidak diperlukan pada periode tersebut khususnya pada pukul 17.30 - 20.30 Wib.

Sehingga dampak pemadaman masyarakat umum dapat diminimalisir.

"Atas nama Manajemen PLN UP3 Ketapang kami menghaturkan permohonan maaf atas ketidaknyamanan layanan yang telah kami berikan. Mohon doa dan dukungannya sehingga pemeliharaan PLTU Unit 1 Sukabangun dapat berjalan dengan lancar sehingga di bulan Ramadan dan Idul fitri pasokan listrik PLN dapat optimal melayani kebutuhan masyarakat," pungkasnya. (*)

Update Berita Pilihan
Tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > DI SINI

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved