Petugas Temukan Uang Tunai di Rutan Kelas II B Sanggau

hasil Penggeledahan yang dilakukan pada Rutan Sanggau diantaranya uang tunai, Sajam dan barang yang tidak boleh ada di dalam Rutan

Penulis: Hendri Chornelius | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwilkumham Kalbar, Suprobowati bersama pejabat lainya saat menunjukan hasil penggeledahan di Kamar Hunian Rutan Sanggau, Rabu 20 Januari 2021. Humas Divpas. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Tim Satuan Tugas (Satgas ) Keamanan dan Tata Tertib Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat, Melaksanakan Kegiatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Rutan Kelas II B Sanggau, Rabu 20 Januari 2021.

Kegiatan itu juga bersinergisitas dengan BNNK Sanggau dan Polres Sanggau.

Kegiatan diawali dengan Pengarahan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwilkumham Kalbar, Suprobowati, terkait kegiatan Penggeledahan, sasaran Penggeledahan dan teknis pelaksanaan Penggeledahan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang Kamkeswat dan Lola Baran Basan Surianto, Kasubid Lola Basan Baran dan Kemanan Ardian Setiawan, Kepala Rutan Sanggau Acip Rasidi, Petugas BNNK Sanggau dan Back up dari Polres Sanggau.

Baca juga: Sekjen DAD Sanggau Apresiasi Jajaran Polres Sanggau Amankan Terduga Pelaku Tindak Pidana Narkotika

Satu demi satu blok hunian dilakukan penggeledahan, muai dari blok A hingga blok wanita. barang-barang yang tidak boleh ada di dalam Lapas atau Rutan dilakukan penyitaan.

Kepala Rutan Kelas II B Sanggau, Acip Rasidi Mengatakan kegiatan penggeledahan ini merupakan upaya serius dari Rutan Sanggau untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di Wilayah kerjanya,

“Hari ini kita lakukan penggeldehan bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan, BNN Sanggau dan juga di Backup Anggota Polres Sanggau, dalam upaya memerangi peredaran gelap narkoba di Lapas dan Rutan. Kegiatan ini merupakan rutinitas yang kita lakukan, Kedapannya kita akan terus bersinergi dengan pihak-pihak terkait seperti BNN dan Kepolisian guna mencegah peredaran gelap Narkoba di Rutan Sanggau,"katanya.

Kasi Rehabilitasi BNN Sanggau, Hery Ariandi mengapresiasi kegiatan Pencegahan Peredaran gelap Narkoba di Rutan Sanggau.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, dengan dilibatkannya BNN Sanggau saya berharap dapat membantu mencegah peredaran Narkoba di Rutan sanggau, Sinergitas seperti ini harus terus terjalin kedepannya,"katanya.

Pelaksanaan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Rutan Sanggau berlangsung dengan Aman dan kondusif berkat backup dari Polres Sanggau.

Sementara itu Kepala Divisi Pemasyarakatan, Suprobowati mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal target kinerja dalam rangka pembersihan narkoba.

"Kegiatan ini sebagai langkah awal target kinerja Pemasyarakatan tahun 2021, karena untuk pemasyarakatan maju Narkoba harus dibersihkan dari Rutan dan Lapas. Kami juga sudah bersinergi dengan BNNK dan Polres Sanggau,"ujarnya.

Kami harap, lanjutnya, dapat dilaksanakan di Semua Lapas dan Ruta di Kalimantan barat, Narkoba harus dibersihkan dari lapas, sinergi polisi dan BNN diharapkan seluruh jajaran untuk bisa melakukan hal yang sama, Pencegahan Peredaran Narkoba.

“Alhamdulillah siang ini saat penggeledahan tidak ditemukan narkoba jenis apapun di Rutan Sanggau. Tadi juga kita lakukan tes narkoba pada beberapa WBP hasilnya semua Negatif, kedepan semua Lapas dan Rutan bersih dari Narkoba dan rutin melakukan penggeledahan baik secara internal ataupun gabungan. Harapan saya Tahun 2021 Pemasyarakatan maju dapat tercapai,"harapnya.

Suprobowati berpesan kepada petugas agar bekerja secara professional, lebih meningkatkan deteksi dini gangguan keamanan, bersihkan narkoba dan bersinergisitas dengan instansi lain.

Sementara hasil Penggeledahan yang dilakukan pada Rutan Sanggau diantaranya uang tunai, Sajam dan barang yang tidak boleh ada di dalam Rutan dan Lapas. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved