Inovasi Layanan Paspor Dua Menit di Kantor Imigrasi Singkawang, Jika Lebih Dapat Layanan Gratis

Apabila waktu tak tercapai maka, pemohon dapat layanan gratis pada hari yang sama.

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Maudy Asri Gita Utami

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Satu di antara inovasi layanan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Singkawang di tahun 2020 adalah Layanan Percepatan Paspor Dua Menit.

Dimana pemohonan Paspor RI dapat memilih untuk diselesaikan permohonan paspornya dalam waktu dua menit.

Apabila waktu tak tercapai maka, pemohon dapat layanan gratis pada hari yang sama. 

Kepala Kantor Imigrasi Singkawang, Tessar Bayu Setyaji menuturkan, masyarakat berhak mendapatkan layanan yang prima dan cepat. Inovasi waktu secepat mungkin dalam proses permohonan pembuatan paspor.

KORBAN Banjir di Sintang Kalbar Terpaksa Tinggal di Lanting, Rumah dan Harta Benda Terseret Banjir

"Dalam kurun waktu dua menit, petugas harus sudah siap berikan paspor kepada pemohon."

"Apabila lebih dari dua menit, pemohon berhak mendapatkan paspor yang ia mohonkan secara gratis," ungkap Tessar, Selasa (14/7/2020).

Ia menuturkan petugas Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Singkawang sudah berkomitmen untuk meningkatkan pelayan kepada masyarakat yang hendak membuat paspor.

"Namun tentunya persyaratan pemohon juga harus lengkap, baik itu KTP, KK, Akta Lahir dan kelengkapan dokumen lainnya harus lengkap," ungkapnya.

Selain itu, ia mengungkapkan komitmen lain yang diberikan Kantor Imigrasi adalah dengan tidak membiarkan pemohon mengantri hingga dua jam.

JAM PASIR - Jam pasir menunjukkan batas waktu 2 menit pada pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Singkawang, Selasa (14/7/2020).
JAM PASIR - Jam pasir menunjukkan batas waktu 2 menit pada pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Singkawang, Selasa (14/7/2020). (TRIBUNPONTIANAK/Rizki Kurnia)

Ia mengasumsikan, ketika kondisi pemohon di Kantor Imigrasi sedang padat atau berjumlah 120 orang untuk maksimal ruang pelayanan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved