Kamaruzaman: Pemprov Kalbar Targetkan 138 Desa Mandiri Tahun 2020

Desa mandiri statusnya juga sudah dan harus dilakukan secara berkelanjutan dan sudah ada pemetaan dari 2031 desa itu

Kamaruzaman: Pemprov Kalbar Targetkan 138 Desa Mandiri Tahun 2020
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANGGITA PUTRI
Asisten II Setda Pemerintah Provinsi Kalbar, Kalbar Sy Kamaruzaman saat memberi sambutan pada seminar di Aula Rektoran lantai 3 Untan, Rabu (22/1/2020). 

PONTIANAK - Asisten II Setda Pemerintah Provinsi Kalbar, Kalbar Sy Kamaruzaman juga dipercayai oleh Gubernur Kalbar sebagai Satgas Pembentukan Desa Mandiri Kalbar mengatakan pada tahun 2020 target desa mandiri di Kalbar sebanyak 138 desa.

Ia mengatakan dalam mewujudkan Desa Mandiri di Kalbar tidak hanya bertumpu pada kekuatan pemerintah karena ini mesti ada sinergi dari seluruh stake holder yang ada termasuk masyarakat desa itu sendiri . Jika memang menginginkan berubah .

“Pemerintah sebagai fasilitator untuk mengarahkan proses menuju kesejahteraan rakyat melalui 3 indeks ketahanan sosial , ekonomi dan lingkungan kepada 52 indikator desa mandiri,” ujar Kamaruzaman usai menghadiri seminar saat ini sedang berlangsung di Aula Rektoran lantai 3 Untan, Rabu (22/1/2020).

Ia mengatakan Indikator itu adalah cerminan bagaimana kebutuhan masyarakat dari pelayanan dan infrastruktur.

FISIP Untan Gelar Seminar Perwujudan Desa Mandiri di Kalbar

Ia menambahkan bahwa untuk target desa mandiri masuk dalam RPJMD 5 tahun terakhir sampai pada posisi 425 desa mandiri . Sehingga gubernur mengeluarkan SK tentang penetapan target berdasarkan usulan bupati.

“Usulan itu pada tahun 2020 target kita adalah 183 desa mandiri. Selain itu untuk peningkatan desa tertinggal semua dilakukan secara jenjang hirarki dari 52 indikator di bagi ada berapa yang ditangani Pemerintah Desa kabupaten dan provinsi,” ujar Kamaruzaman.

Jadi untuk semunya diakumulasi menjadi target dari 5 status desa itu termasuk desa tertinggal dan tidak hanya fokus pada desa mandiri .

“Desa mandiri statusnya juga sudah dan harus dilakukan secara berkelanjutan dan sudah ada pemetaan dari 2031 desa itu,” pungkasnya.

Tingkatkan Status

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Suriansyah mendukung program unggulan Gubernur Kalbar yakni Desa Mandiri.

Halaman
123
Penulis: Anggita Putri
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved