Breaking News:

Komisi Yudisial Kalbar Gelar Edukasi Publik, Ajak Jurnalis dan Mahasiswa Bantu Awasi Hakim

Ke pengadilan misalnya, pada saat liputan apabila mendapat informasi ada pelanggaran etik, bisa dilaporkan sehingga bisa cepat diproses.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Maudy Asri Gita Utami
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HAMDAN DARSANI
Kegiatan Edukasi Publik tentang Peran Media dan Mahasiswa dalam Mewujudkan Peradilan Bersih di Canopy Center, Rabu (6/11/2019). 

Komisi Yudisial Kalbar Gelar Edukasi Publik, Ajak Jurnalis dan Mahasiswa Bantu Awasi Hakim

PONTIANAK - Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia Penghubung Wilayah Kalimantan Barat mengajak para jurnalis dan mahasiswa untuk mengawasi hakim.

Ajakan tersebut diutarakan Koordinator Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia Penghubung Wilayah Kalimantan Barat Budi Darmawan saat kegiatan Edukasi Publik tentang Peran Media dan Mahasiswa Dalam Mewujudkan Peradilan Bersih di Canopy Center, Rabu (6/11/2019)

Ia mengakui bahwa KY di Kalbar saat ini memiliki keterbatasan personel dalam mengawasi hakim.

Baca: Komisi Yudisial Ajak Mahasiswa Kalbar Awasi Hakim

Baca: Uskup Agus Pimpin Pengucapan Sumpah Hakim Anggota Tribunal KAP

Bukan hanya di Kalbar, bahkan secara nasional personel KY yang jumlahnya kurang dari 500 orang tidak sebanding dengan jumlah hakim yang harus diawasi, yakni sejumlah 8 ribu lebih.

"Tidak hanya di Kalbar dan daerah lain, di Jakarta juga seperti itu. Kenapa, karena jumlah hakim dari peradilan tingkat pertama, mulai dari Papua sampai Aceh jumlahnya 8 ribu lebih. Sementara kapasitas KY sendiri kan terbatas. Di pusat, jumlah personelnya tidak sampai 500," ujarnya

Di Kalbar sendiri KY hanya beranggotakan 5 orang.

Sementara jumlah total yang harus diawasi mencapai 250 hakim, yang tersebar di 14 kabupaten/kota.

"Di daerah misalnya, kita di Kalbar ada 10 pengadilan negeri dan 9 pengadilan agama. Itu belum termasuk militer dan PTUN. Kalau ditotalkan itu kurang lebih 250-an hakim di Kalbar yang harus kita awasi," ucapnya.

Pengawasan hakim tentu harus mendapat dukungan dan support dari teman-teman, terutama teman-teman media nih karena teman-teman media ini kan jaringannya luar biasa.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved