Tanggapi Karhutla di Kapuas Hulu, Ini Saran Anggota DPRD

Jadi harus memberikan solusi agar masyarakat merubah pola kehidupan, sebelumnya berladang dengan membakar menjadi tidak membakar.

Tanggapi Karhutla di Kapuas Hulu, Ini Saran Anggota DPRD
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Anggota DPRD Kapuas Hulu Fabianus Kasim 

Tanggapi Karhutla di Kapuas Hulu, Ini Saran Anggota DPRD

KAPUAS HULU - Anggota DPRD Kapuas Hulu, Fabianus Kasim meminta kepada Pemerintah, agar mengalihkan anggaran penanganan Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) untuk memberdayakan masyarakat.

"Jadi harus memberikan solusi agar masyarakat merubah pola kehidupan, sebelumnya berladang dengan membakar menjadi tidak membakar," ujarnya kepada wartawan, Jumat (13/9/2019).

Baca: Gelar Rakor Karhutla, Ini Harapan Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir

Baca: VIDEO: Terkait Karhutla di Sambas, Ini Pernyataan Kapolres Permadi Syahids Putra

Politisi Hanura itu menyarankan di buatkan percetakan sawah, karena dengan adanya sawah, akan menghasilkan optimal. "Jadi masyarakat tidak melakukan pola berladang berpindah," ucapnya.

Kemudian jelas Kasim, untuk wilayah lahan petani yang masuk ke kawasan hutan lindung, harus di keluarkan statusnya agar tidak terjadi masalah dalam penangganannya.

"Jika Karhutla disebabkan pembakaran olah perusahan perkebunan sekala besar harus dikurangi ijinnya, sebab kebijakan ditangan Pemerintah," ujarnya.

Maka dengan ini kata Kasim, pengkajian dan tindakan seperti ini permasalahan Karhutla akan bisa teratasi dengan tuntas. "Dengan demikian penganggaran untuk penanganan Karhutla tidak selalu meningkat," ungkapnya. (*)

Udate berita pilihan tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak 

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved