Jadi Pemateri di IAIN Pontianak, Muhammad Darusallam Paparkan Tugas dan Fungsi Komisi Informasi

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih pada civitas akademika IAIN Pontianak, yang telah bekerjasama dengan Komisi Informasi.

Jadi Pemateri di IAIN Pontianak, Muhammad Darusallam Paparkan Tugas dan Fungsi Komisi Informasi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Wakil Ketua Komisi Informasi Kalimantan Barat, Muhammad Darusallam saat menyampaikan materi di hadapan Mahasiswa IAIN Pontianak. 

Isi Materi di IAIN Pontianak, Muhammad Darusallam Paparkan Tugas dan Fungsi Komisi Informasi

PONTIANAK - Komisi Informasi (KI) Kalimantan Barat, yang di wakili oleh Wakil Ketua Komisi Informasi Kalimantan Barat, Muhammad Darusallam diminta untuk menyampaikan materi tentang keterbukaan informasi publik, di kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak.

Dalam kesempatan, ia menyampaikan informasi mengenai apa tugas dan fungsi dari pada Komisi Informasi.

"Di kesempatan itu kami menyampaikan kepada mahasiswa IAIN Pontianak, berkenan dengan apa saja yang menjadi tugas dan wewenang dari pada Komisi Informasi," ujarnya, Jum'at (30/8/2019) di rilis yang di terima Tribun.

Pria yang kerap di sapa dengan panggilan Bung Salam itu mengatakan, pihaknya juga mengingatkan mengenai bahaya provokasi mengenai berita-berita hoax yang bertebaran di media sosial.

Baca: Gubernur Kalbar: PPID Ujung Tombak Implementasi UU Komisi Informasi

Baca: Komisi Informasi RI Sosialisasikan Peraturan Terkait Standar Layanan Informasi Desa

Ia pun mengutip isi kandungan QS Al Hujarat Ayat 6, yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu,".

Ia menuturkan, pada penjelasan Al Hujarat ayat 6, Bung salam mengingatkan kepada para mahasiswa baru agar tidak mudah terpropokasi dgn informasi hoax yang tidak memiliki sumber informasi dan data yang akurat,

"Jangan menyimpulkan informasi secara dini sebelum dilakukan ferivikasi kebenaranya," ungkapnya.

Menurut Bung Salam kewajiban untuk memeriksa dan meneliti kebenaran terhadap informasi yang diterima sejalan dengan yang digariskan dalam surat Al Hujarat ayat 6.

Baca: Perwakilan Masyarakat Datangi Komisi Informasi, Minta Transparansi Baitul Mal Munzalan Indonesia.

Baca: Komisi Informasi Kalbar Dorong KPU Libatkan Media Secara Aktif di Rekap dan Penghitungan Suara

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih pada civitas akademika IAIN Pontianak, yang telah bekerjasama dengan Komisi Informasi.

"Ucapan terimakasih kami kepada Wakil Rektor III IAIN Pontianak Dr Abdul Mu'ti, dan Dekan FUAD Dr Ismail Ruslan, yang telah memberikan kesempatan untuk KI Kalbar menyampaikan poin-poin penting terkait dengan keterbukaan informasi publik di Kalimantan Barat," tutupnya.

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update 

Penulis: Anggita Putri
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved