Perwakilan Masyarakat Datangi Komisi Informasi, Minta Transparansi Baitul Mal Munzalan Indonesia.

“Kami berkonsultasi dengan Komisi Informasi agar yayasan tersebut mau membuka inforamasi kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Perwakilan Masyarakat Datangi Komisi Informasi, Minta Transparansi Baitul Mal Munzalan Indonesia.
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/BELLA
Pasukan Amal Sholeh (Paskas) Baitulmaal Munzalan Indonesia ( BMI) saat acara Car Free Day pada Minggu (15/4/2018). 

Perwakilan Masyarakat Datangi Komisi Informasi Minta Keterbukaan Informasi dan Transparansi Baitul Mal Munzalan Indonesia.

PONTIANAK - Sejumlah perwakilan dari masyarakat mendatangi kantor Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalbar untuk meminta penjelasan tentang keterbukaan informasi  publik sebuah yayasan yang bergerak menggalang dana umat di Kalbar, yakni Baitul Mal Munzalan Indonesia.

Satu di antara perwakilan masyarakat tersebut Novianti (48) menuturkan langkah untuk mendatangi kantor komisi informasi Provinsi Kalbar terpaksa dilakukan lantaran pihaknya kesulitan untuk mendapatkan informasi tentang laporan keuangan secara keseluruhan.

Padahal sudah berusaha meminta kepada pihak yang bersangkutan.

“Kita ingin minta transparansi publik dari sebuah yayasan yang menggalang dana umat, yakni yayasan baitul mal munzalan Indonesia,” ujarnya

Menurutnya sebagai yayasan yang bergerak dalam mengelola dana umat wajib memberikan informasi kepada publik, bagaimana pengelolaaan dan pelaporanya.

Baca: Yayasan Munzalan dan RS Mitra Medika Kolaborasi Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

Baca: Rizal Armada dan Ayah Kembar Hadiri Ifthar Akbar Munzalan

“Kami berkonsultasi dengan Komisi Informasi agar yayasan tersebut mau membuka inforamasi kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Pihaknya juga mengatakan sudah meminta langsung dengan pihak berkompeten di internal yayasan untuk meminta informasi yang diinginkan yakni audit keuangan tahun 2018.

Akan tetapi pihaknya tidak mendapatkan laporan audit dari keuangan yayasan tersebut baik di media sosial maupun website resmi.

“Kita belum tau untuk tahun-tahun sebelumnya. Mudah-mudahan dengan kami berkomunikasi dengan Komisi Informasi kalbar bisa dibuka juga. Itu tujuan kita datang ke sini itu semua terbuka. Sejauh ini yang kami temukan belum ada,” ujarnya.

Baca: Ifthar Akbar Munzalan, Sejumlah Artis Ini Sharing Pengalaman Hijrah di Pontianak

Baca: Munzalan Gelar Khitanan Massal Untuk Membantu Ringankan Beban Warga Yang Kurang Mampu

Noviati menceritakan bahwa sejak tahun 2015 lalu sudah aktif sebagai relawan yang di Baitul Mal Munzalan Indoensia.

Dirinya menegaskan bahwa pihaknya hanya ingin meminta informasi dan transparansi pengelolaan keuangan dari yayasan tempatnya berkiprah dalam setiap kegiatan sosial.

“Saya tidak pernah aktif di dalamnya hanya sebagai relawan saja. Cuma sekarang bersama-sama dengan masyarakat datang ke sini ingin meminta transparansi saja, bukan karena dugaan-dugaan apa-apa. Kami hanya minta transparansi agar ini bisa dibuka kepada masyarakat agar tahu,” ujarnya.

“Ini kan bentuk amanah dari masyarakat kepada yayasan untuk mengelola dananya dan harus terbuka secara transparan. Yang kami tau pihak yayasan telah melakukan audit publik. Nah kalau sudah audit publikkan harus dibuka informasinya. Itu saja sih,” ujarnya

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved