Pemkot Pontianak Wacanakan Tata Ulang Pasar Tradisional, Beri Kenyamanan Pengunjung

"Pasar Ikan Flamboyan juga akan ditata, uangnya masih ada sama kementerian. Apabila sudah da kesepakatan terkait desain maka akan dilanjutkan,"

Pemkot Pontianak Wacanakan Tata Ulang Pasar Tradisional, Beri Kenyamanan Pengunjung
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANESH VIDUKA
Pedagang menunggu dagangannya di Pasar Ibu, Jalan H Rais A Rahman (Pal III), Kelurahan Sungai Jawi Dalam, Pontianak Barat, Jumat (5/4/2019) siang. Pemerintah Kota Pontianak akan melakukan relokasi sejumlah pedagang Pasar Ibu dan pedagang buah Pasar Dahlia karena ada proyek pelebaran jalan dari Pemprov Kalbar. 

Pemkot Pontianak Wacanakan Tata Ulang Pasar Tradisional, Beri Kenyamanan Pengunjung

PONTIANAK - Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak, Haryadi menjelaskan bahwa Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memang cukup konsen terhadap penataan pasar-pasar yang ada sehingga memberikan kenyamanan yang ada pada masyarakat.

Ia sebutkan seperti Pasar Sudirman juga sudah ditertibkan terkait pedagang kreatif lapangan (PKL) sehingga jalan-jalan untuk para pengunjung tidak sempit.

Selain itu, penataan pasar rakyat lainnya adalah yang telah masuk dalam perencanaan Pemkot adalah Pasar Puring Siantan dan Pasar Dahlia Sungai Jawi.

Untuk Pasar Puring Siantan, ditata agar tidak kumuh sebab saat ini banyak pedagang kreatif lapangan (PKL) yang berjualan diluar pasar.

"Penataan pasar memang menjadi bagian dari konsen kita di Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan sehingga semua pasar memberikan kenyamanan saat dikunjungi masyarakat," ucap Haryadi S Triwibowo, Rabu (17/4/2019).

Baca: Pemkot Pontianak Awasi Rantai Distribusi Pangan, Dewan Apresiasi

Baca: Jelang Ramadan, Pemkot Pontianak Pastikan Ketersedian Sembako dan Pangan

Untuk Pasar Puring Siantan, ditegaskannya akan ditata termasuk memasukan para PKL yang ada diluar sebab saat ini sangat banyak PKL yang berjualan diluar pasar sehingga membuat semraut.

Sedangkan Pasar Dahlia yang akan ditata lantaran saat ini kios dilantai dua tidak terlalu efektif, sehingga perlu inovasi yang dilakukan. Seperti yang telah disampaikan Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono bahwa lantai dua akan dijadikan food court sehingga mempunyai daya tarik bagi warga untuk berkunjung sama halnya dengan Pasar Tengah saat ini.

Selain menata pasar-pasar yang telah disebutkan diatas, Haryadi juga menegaskan terkait penataan untuk Pasar Ikan Flamboyan. Saat ini memang belum dilaksanakan padahal tahun lalu anggaran sudah diberikan pemerintah pusat. Namun adanya protes dari para pedagang terkait desain sehingga pembangunan tidak terlaksana.

Baca: Haryadi Sebut Masyarakat Pontianak Keluhkan LPG 3 Kg Langka

"Pasar Ikan Flamboyan juga akan ditata, uangnya masih ada sama kementerian. Apabila sudah da kesepakatan terkait desain maka akan dilanjutkan kembali pembangunannya," ucap Haryadi.

Ia menilai penataan pasar memang harus dilakukan agar pasar rakyat tetap ramai dan memberikan kenyamanan pada masyarakat yang berkunjung. (Syahroni)

Penulis: Syahroni
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved