Info Stimulus

Kartu Prakerja Gelombang 48 Buka Peluang Pelamar Fresh Graduate Termasuk Lulusan SMA Sederajat!

Diketahui pelatihan dalam program Kartu Prakerja adalah memberikan kesempatan lebih luas bagi para penerima Kartu Prakerja.

Tribunpontianak.co.id/net/ka
Ilustrasi peserta kartu prakerja-Berikut informasi terbaru mengenai pendaftar Kartu Prakerja tahun 2023 yang akan dimulai pada triwulan pertama dan membuka peluang bagi lulusan SMA sederajat untuk begabung mendapatkan pelatihan dengan program Kartu Prakerja. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) menyatakan, program kartu prakerja 2023 terbuka bagi lulusan SMA atau sederajat, lulusan universitas hingga pengangguran.

Hal itu disampaikan Direktur Kemitraan, Komunikasi dan Pengembangan Ekosistem MPPKP Kurniasih Suditomo  menyatakan, pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 48 akan dimulai pada triwulan pertama 2023, atau selama periode Januari-Maret 2023.

Diketahui pelatihan dalam program Kartu Prakerja adalah memberikan kesempatan lebih luas bagi para penerima Kartu Prakerja.

"Peluangnya adalah sama, antara pengangguran, SMK, atau lulus kuliah itu peluangnya sama. Bagi angkatan kerja yang masih mencoba atau baru lulus, tugas kita adalah mendorong untuk terus mendaftar. Karena mereka masih bingung ya, suka be aware (waspada)," kata Kurniasih seperti dikutip dari Kompas.com,  Rabu 18 Januari 2023

Kartu Prakerja 2023 Dibuka Triwulan I, Apa Maksudnya? Berikut Cara Daftar Kartu Prakerja 2023!

Kurniasih menyampaikan, ada penambahan durasi pelatihan yang semula 6 jam menjadi minimal 15 jam; moda pelatihan berlangsung secara online, offline, dan bauran (secara bertahap).

Program ini juga boleh diikuti oleh penerima bantuan dari kementerian/lembaga lainnya seperti Bantuan Sosial (Bansos), Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM).

Sedangkan selama 2 tahun kemarin, Program Kartu Prakerja tak dapat diberikan kepada para penerima bantuan tersebut.

"Untuk pelatihan online, semua pelatihan harus dilakukan secara webinar. Tidak ada lagi yang seluruhnya video," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Head Kemitraan dan Program MPPKP Dwina M. Putri menuturkan, bidang-bidang pelatihan yang tersedia dalam ekosistem program akan diprioritaskan pada keterampilan yang paling dibutuhkan di masa kini dan mendatang.

"Pekerjaan-pekerjaan yang paling dibutuhkan sesuai kajian tersebut, antara lain bidang bisnis, perkantoran, manufaktur, ekonomi kreatif, teknik, pertanian, jasa perorangan, dan hospitality," ucap Dwina.

Bidang-bidang prioritas itu berdasarkan riset Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Bappenas, Bank Dunia dan lembaga-lembaga lainnya.

Apa Peserta Kartu Prakerja 2022 Bisa Daftar Kembali Ditahun 2023? Berikut Penjelasannya!

Selanjutnya, para peserta akan mendapatkan besaran bantuan sebesar Rp4,2 juta.

Jumlah itu terdiri dari bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600.000 untuk mendukung biaya transportasi dan internet yang diberikan sebanyak satu kali, dan insentif survei sebesar Rp 100.000 untuk dua kali pengisian survei.

Dikutip dari situs prakerja.go.id, Program Kartu Prakerja ini akan dimulai di 10 kota besar dan secara bertahap ditingkatkan sampai seluruh Indonesia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved