Lokal Populer

Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak di Sintang

Kegiatan ini juga bermanfaat bagi peningkatan kapasitas anak tentang peran anak sebagai pelopor dan pelapor pemenuhan hak dan perlindungan anak

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Kominfo Sintang
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang Kurniawan menjadi narasumber pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Forum Anak Daerah Kabupaten Sintang di Langkau Kita pada Jumat, 9 Desember 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang bekerjasama dengan Wahana Visi Indonesia Area Sintang Melawi melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Forum Anak Daerah Kabupaten Sintang di Langkau Kita pada Jumat, 9 Desember 2022.

Peningkatan Kapasitas Forum Anak Daerah Kabupaten Sintang diikuti oleh 80 pengurus dan anggota Forum Anak Daerah Kabupaten Sintang.

Kepala Bidang Perlindungan Anak pada Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang, Florida Ida mengatakan semua berkewajiban melindungi anak dalam segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Ida mengungkapkan berdasarkan gender, Susenas tahun 2020, mencatat perempuan lebih tinggi dibandingkan laki-laki untuk perkawinan anak.

Wujud Sinergitas, Polsek Sintang Kota Apel Bersama dengan Koramil

 “Perkawinan anak di Kalimantan Barat sebesar 32,72 persen dan Kabupaten Sintang ada 40,75 persen pernikahan anak. Jumlah kehamilan usia di bawah 20 tahun dari 6.108 bumil ada 829 bumil usia kurang dari 20 tahun atau 13, 57 %. Data-data ini sangat bermanfaat sebagai masukan dalam penyusunan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan. Agar dapat menjadi bahan masukan terkait upaya-upaya intervensi pelayanan yang dilakukan di tingkat kabupaten,” ungkap Florida Ida.

Menurut Ida, perkawinan anak berdampak masif di antaranya meningkatnya resiko putus sekolah, pendapatan rendah, kesehatan fisik akibat anak perempuan belum siap hamil dan melahirkan dan ketidaksiapan mental membangun rumah tangga yang memicu kekerasan, pola asuh tidak benar hingga perceraian.

“Itu sebabnya perkawinan anak merupakan pelanggaran hak asasi manusia,” jelasnya.

Florida Ida memberikan kesempatan pada forum anak daerah untuk menyampaikan rencana aksi yang akan mereka lakukan di daerahnya masing-masing dalam rangka berkontribusi pada penyelesaian berbagai permasalahan anak.

 “Bagi kami karena kalian, anak-anak, merupakan advokat terbaik bagi kelompok kalian sendiri. kalian lah yang paling mengetahui isu-isu anak terpenting yang harus segera diselesaikan dan solusi-solusi atas berbagai permasalahan anak dalam rangka meningkatkan pemenuhan hak partisipasi anak bagi seluruh anak kabupaten sintang,” harap Ida.

Ketua Panitia kegiatan, Edi Sunardi menyampaikan tujuan kegiatan dilaksanakan adalah untuk memberikan ruang partisipasi anak dalam pembangunan, mengembangkan rasa nasionalisme, kebhinekaan, persaudaraan, mempertahankan nilai-nilai luhur budaya dan karakter bangsa dan mampu menjadi inspiratory muda pelopor dan pelapor pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

“Kegiatan ini juga bermanfaat bagi peningkatan kapasitas anak tentang peran anak sebagai pelopor dan pelapor pemenuhan hak dan perlindungan anak,” ujarnya.

Hadapi Tantangan

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Yustinus J membuka pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Forum Anak Daerah Kabupaten Sintang di Langkau Kita pada Jumat, 9 Desember 2022.

Peningkatan Kapasitas Forum Anak Daerah Kabupaten Sintang diselenggarakan oleh Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang bekerjasama dengan Wahana Visi Indonesia Area Sintang Melawi. Kegiatan diikuti oleh 80 pengurus dan anggota Forum Anak Daerah Kabupaten Sintang.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved