Presiden Jokowi Datang ke Pontianak Hari Ini, Berikut Agendanya

Menjelang kehadiran Presiden Jokowi, Kodam XII Tanjungpura menyiapkan 2.466 personel gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Presiden Jokowi melambaikan tangan menyapa masyarakat saat meninjau lokasi pembangunan tanggul geotube untuk mengendalikan banjir di Kelurahan Ladang, Kecamatan Sintang, Kalimantan Barat beberapa waktu lalu. Presiden Jokowi akan datang lagi ke Kalbar, tepatnya ke Pontianak untuk mengikuti acara yang digelar Tariu Borneo Bangkule Rajakng, Selasa 29 November 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Presiden Jokowi dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Pontianak pada Selasa 29 November 2022 hari ini. Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri acara Bahaupm Bide Bahana, Pasukan Merah Tariu Borneo Bengkule Rajakng di Rumah Radakng Pontianak.

Menjelang kehadiran Presiden Jokowi, Kodam XII Tanjungpura menyiapkan 2.466 personel gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri.

Rinciannya 1.420 personel Kodam XII, 80 personel dari TNI AL, 287 personel TNI AU, dan 679 personel dari Polda Kalbar.

Apel gelar pasukan pun digelar di Makodam XII Tanjungpura, Jalan Mayor Alianyang, Kubu Raya, Senin 28 November 2022.

"Besok (hari ini) kita akan menerima kunjungan kerja Presiden, beliau akan berada sekira 3 jam di sini, kita akan mempersiapkan sebaik mungkin seperti yang sudah- sudah,” ujar Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto.

Nantinya 2.466 personel gabungan tersebut akan disebar kesejumlah titik di antaranya Rumah Radakng serta jalur yang akan dilalui Presiden Jokowi.

Kapolda Kalbar Suryanbodo Asmoro Cek Kesiapan Pengamanan Kunjungan Presiden Jokowi di Rumah Radakng

Pada apel gelar pasukan Pam VVIP yang di pimpin Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto didampingi Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Suryanbodo di Lapangan Tidayu Makodam XII/Tanjungpura.

Kapolda juga menyampaikan kepada seluruh personel agar teknis pengamanan VVIP dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, serta memahami objek yang diamankan.

Titik-titik atau simpul-simpul konsentrasi masyarakat yang jumlahnya cukup banyak merupakan situasi yang harus dipelajari untuk dilakukan penambahan personel. Kemudian radius jarak pandang supaya betul-betul bisa mengawasi aktivitas masyarakat di sekitar.

"Personel pengamanan harus fokus dan konsentrasi penuh pada pelaksanaan kunker nanti, sehingga tidak terjadi ada masyarakat yang nyelonong tanpa ada upaya dari personel pengamanan. Maka untuk itu harus betul-betul aman selama pelaksanaan kunker Presiden RI di Pontianak," katanya.

Sementara itu, Pemimpin Besar Pasukan Merah Tariu Borneo Bengkule Rajakng Agustinus yang merupakan Panglima Jilah/Pangalangok Jilah, menyampaikan pihaknya dari TBBR sangat senang atas rencana kehadiran Presiden Jokowi ke Kalbar.

Ia mengatakan pihaknya dari TBBR menunggu sekira 5 bulan hingga undangannya disetujui oleh Presiden Jokowi.

"Lima bulan, itu langsung ditanggapi, karena banyak juga agenda beliau yang antre. Sebenarnya akan dilaksanakan pada tanggal 19 namun dikarenakan beliau ada kegiatan lain akhirnya dilaksanakan pada esok 29 November 2022," ujar Panglima Jilah saat ditemui Tribun Pontianak di Rumah Radakng Pontianak, kemarin.

Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri Acara TBBR di Kalbar, Ini Harapan Panglima Jilah

Panglima Jilah menjelaskan bahwa acara Bahaupm Bide Bahana bermakna pertemuan besar dari seluruh anggota TBBR di Kalimantan. Pertemuan tersebut akan dihadiri oleh anggota TBBR dari 5 provinsi di Kalimantan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved