Jadi MC Welcome Dinner BIMP EAGA Pontianak, Yulida Safitri Ternyata Lulusan Keio University Jepang

Yulida merupakan Sarjana ilmu komunikasi Universitas Brawijaya Malang, Ia yang sadar akan bakatnya mendalaminya dengan mengambil Master Administrasi P

Penulis: Maskartini | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Istimewa
Kenalan dengan sosok Yulida Safitri, MC Welcome Dinner BIMP EAGA Ke-25 di Gedung Pontianak Convention Center (PCC) pada Kamis 24 November 2022. Ternyata merupakan lulusan Master Administrasi Publik Universitas Brawijaya Malang dan Master of Media and Governance, Keio University, Japan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Nama Yulida Safitri mendadak curi perhatian warga Pontianak usai menjadi Master of Ceremony (MC) di Welcome Dinner BIMP EAGA di Gedung PCC Pontianak pada Kamis 24 November 2022.

Terkenal memiliki bakat menjadi MC serta memiliki skill yang tak diragukan lagi, siapa sangka ternyata Yulida Safitri melewati berbagai proses mengasahnya. 

Wanita asli Pontianak ini pernah menempuh pendidikan SMA di William B. Travis High School, Austin, Texas, Amerika Serikat.

Ia lalu melanjutkan pendidikannya ke jenjang kuliah di Universitas Brawijaya Malang dan lulus dengan gelar sarjana ilmu komunikasi.

Lantaran sadar akan bakatnya mendalaminya dengan mengambil Master Administrasi Publik Universitas Brawijaya Malang dan Master of Media and Governance, Keio University, Jepang.

Soal prestasi tak perlu diragukan lagi, ia merupakan best speakers untuk beberapa kompetisi debat bahasa inggris selama SMA dan kuliah di Malang.

Selain itu, ia juga pernah menerima Awardee of Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (KL-YES) Program 2005-2006 di Austin, Texas.

Jadi MC Welcome Dinner BIMP EAGA yang Curi Sorotan, Begini Persiapan Yulida Safitri

Lakukan banyak persiapan demi BIMP EAGA

Meski dikenal berpengalaman sebagai MC pemerintahan, Yulida mengaku untuk memandu acara pada rangkaian pertemuan internasional seperti BIMP EAGA ke-25, ia melakukan banyak persiapan.

"Karena ini dalam bahasa Inggris dan dihadiri berbagai negara, saya memastikan penyebutannya benar. Hal ini karena sangat krusial dalam memastikan menyebutkan nama yang benar dan organisasi yang benar," ujarnya, Sabtu 26 November 2022.

Seberapa banyak harus berbicara diatas stage kata Yulida ia sesuaikan dengan arahan-arahan pemimpin daerah.

"Sebagai pemandu saya ikut arahan walikota pengennya seperti apa, juga ikut arahan dari Gubernur Kalbar seperti apa," ujarnya.

Persiapan lainnya, ia kerap berbahasa inggris dalam beberapa hari terakhir. Bahasa Inggris kata Yulida harus dipakai secara aktif sehingga ia tidak mendapat kesulitan bahasa.

"Tantangannya adalah memastikan bahasa inggris yang saya pakai bukan hasil terjemahan. Konsep penggunaan bahasa ini beda ya, jadi nggak hanya menterjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Refresh lagi tentang struktur bahasa Inggris," ujarnya.

Sosok Yulida Safitri, MC Welcome Dinner BIMP EAGA Ke-25 Pontianak yang Punya Segudang Prestasi

Sosok Yulida Safitri, MC Welcome Dinner BIMP EAGA ke-25 di Gedung PCC pada Kamis 24 November 2022.
Sosok Yulida Safitri, MC Welcome Dinner BIMP EAGA ke-25 di Gedung PCC pada Kamis 24 November 2022. (Istimewa)

Ia pun mengaku sangat terbantu karena dibantu partner MC yang sangat kooperatif dan juga dari protokol Pemkot dan EO yang sangat membantu. Meski berpengalaman memandu berbagai acara, ia mengaku forum BIMP EAGA ke-25 merupakan acara yang paling berkesan karena berskala internasional.

"Bagi saya yang paling berkesan selama perjalanan, ya welcome dinner BIMP EAGA ke-25. Karena saya tidak punya ekspektasi kalau acaranya akan begitu, apalagi tamu-tamu internasional dan kemarin posisinya panggungnya center stage begitu dengan lighting yang luar biasa," ujarnya.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved