Jadi MC Welcome Dinner BIMP EAGA Pontianak yang Curi Sorotan, Begini Persiapan Yulida Safitri

Penunjukkan MC pada forum BIMP EAGA ke-25 diakui Yulida tidaklah melewati proses sulit lantaran ia memang dikenal menguasai bahasa Inggris dan public

Penulis: Maskartini | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Istimewa
Yulida Safitri merupakan master of ceremony (MC) pada welcome dinner forum bergengsi Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP EAGA) ke-25 yang berlangsung di Gedung PCC Pontianak pada Kamis 24 November 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sosok Yulida Safitri merupakan master of ceremony (MC) pada welcome dinner forum bergengsi Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP EAGA) ke-25 yang berlangsung di Kota Pontianak sejak 23 November 2022. 

Penunjukkan MC pada forum BIMP EAGA ke-25 diakui Yulida tidaklah melewati proses sulit lantaran ia memang dikenal menguasai bahasa Inggris dan public speaking. Sehingga ia ditunjuk langsung jadi MC tanpa syarat.

"Sebenarnya dulu awalnya saya dari mulai CPNS tahun 2014 itu ditugaskan di humas dan protokol sekretariat daerah Kota Pontianak. Jadi kalau untuk nge-MC sebenarnya dimulainya sudah lama, terutama MC bahasa bahasa Inggris dan bahasa Indonesia," ujarnya.

Saat ini, Yulida bekerja di Bappeda Kota Pontianak. Ia terlibat sebagai MC untuk acara welcome dinner BIMB NIAGA. Selanjutnya untuk rangkaian acara lainnya, Yulida berperan sebagai interpreter untuk beberapa kegiatan yang diselenggarakannya oleh Pemprov Kalbar, terutama interpreter untuk Gubernur Kalbar.

"Perasaan bisa terlibat dalam acara ini yang jelas bangga. Alhamdulillah ya bersyukur sekali, bisa ikut membantu melancarkan kesuksesan acara BIMB NIAGA di Pontianak. Bangga bisa dipercaya untuk memandu acara welcome dinner dan juga dipercaya sebagai interpreter Gubernur Kalbar," ujarnya Sabtu 26 November 2022.

Sosok Yulida Safitri, MC Welcome Dinner BIMP EAGA Ke-25 Pontianak yang Punya Segudang Prestasi

Delegasi BIMP-EAGA di Kalbar Dapat Hampers Eksklusif Saat Gala Dinner

Persiapan jadi MC 

Meski dikenal berpengalaman sebagai MC pemerintahan, Yulida mengaku untuk memandu acara pada rangkaian pertemuan internasional seperti BIMP EAGA ke-25, ia melakukan banyak persiapan.

"Karena ini dalam bahasa Inggris karena dihadiri berbagai negara, saya memastikan penyebutan yang benar. Hal ini karena sangat krusial dalam memastikan menyebutkan nama yang benar dan organisasi yang benar," ujarnya.

Ia pun melakukan banyak persiapan menyangkut hal teknis seperti siapa yang harus disebut dalam acara. Sehingga persiapannya kata Yulida benar-benar sangat teknis. Secara pribadi, ia melakukan persiapan dalam dua tiga hari sebelumnya.

"Waktu mau buka acara tamu-tamu pentingnya siapa saja terus untuk penyerahan cinderamata itu yang kemarin agak ribet dan persiapannya harus benar-benar. Supaya enggak ada jeda, panggung kosong atau keterlambatan ketika di atas stage. Jadi harus banyak belajar misal dari acara G-20, gimana openingnya," ujarnya.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved