Lokal Populer

Festival Danau Sentarum Akan Tetap Digelar Pada 1 Hingga 4 Desember 2022

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh mengatakan sejumlah persiapan sudah dilaksanakan

Istimewa
Poster Festival Danau Sentarum yang akan digelar pada 1-4 Desember 2022 di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu telah menjadwalkan pelaksanaan Festival Danau Sentarum (FDS) tahun 2022, dari tanggal 1-4 Desember 2022, di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh mengatakan sejumlah persiapan sudah dilaksanakan, baik rapat tingkat Kabupaten hingga Kecamatan di Batang Lupar.

"Nanti kita turun kembali ke lokasi festival danau Sentarum di Kecamatan Batang Lupar, bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu dan pihak-pihak terkait untuk meninjau persiapan," ujarnya kepada wartawan, Selasa 15 November 2022.

Dalam Festival Danau Sentarum kali ini jelas Chairul Saleh, pihaknya mengangkat budaya, alam, dan prodak unggulan masyarakat lokal yang di sekitar Danau Sentarum.

Masyarakat Sebut Perusahaan Sawit di Kapuas Hulu Masih Abaikan Kegiatan Sosial

"Jadi nantinya masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Sentarum akan menampilkan produk-produk unggulan di pameran festival danau Sentarum tersebut," ungkapnya.

Kondisi Banjir

Camat Batang Lupar, Alexksius Bulin menyatakan, saat ini di sejumlah wilayah Kecamatan Batang Lupar sedang terendam banjir, namun tidak mempengaruhi pelaksanaan festival danau Sentarum nantinya.

"Mungkin ada masyarakat yang terdampak banjir, nanti kalau memang mereka harus mengungsi sudah kami siapkan tempatnya. Pastinya tidak menggangu kegiatan, dan lokasi atau panggung utama di daratan tinggi tidak mudah terjadi banjir," ujarnya.

Sedangkan kesiapan festival danau Sentarum di tingkat panitia Kecamatan Batang Lupar, jelas Bulin sudah terbentuk. "Kami juga melibatkan seluruh masyarakat Kecamatan Batang Lupar, baik membersihkan lahan untuk digunakan festival, menyiapkan stand, dan home stay untuk tamu wisatawan," ucapnya.

Bulin juga menambahkan bahwa, kalau panitia festival danau Sentarum kecamatan Batang Lupar, sudah menyiapkan sebanyak 40 unit rumah untuk tamu wisatawan dari Malaysia. 

"Mudah-mudahan pelaksanaan festival danau Sentarum berjalan dengan lancar dan sukses, maka diharapkan dukungan semua pihak terutama masyarakat Kecamatan Batang Lupar itu sendiri," ungkapnya. 

Hasil Musyawarah ke IV DAD Kapuas Hulu, Ini Pesan Penting Bupati Fransiskus Diaan

10 Agenda FDS

Kabid Pariwisata, Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas Hulu, Ismunadi menyatakan, dalam Festival Danau Sentarum ada beberapa kegiatan seperti, festival minum madu, danau Sentarum Cruise, lomba perahu bidar, lomba sumpit dan pangkak gasing.

"Termasuk juga kegiatan yaitu karnaval budaya, pentas seni dan hiburan rakyat, Expo produk masyarakat, serta sepeda gowes," ungkapnya. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved