Tips Budidaya Jagung Manis di Lahan Gambut Untuk Hasil yang Maksimal dari awal Tanam hingga Panen!

Usaha tani Jagung Manis di lahan gambut juga memiliki prospek yang bagus. Namun, agar tanaman tumbuh dengan baik, perlu ada perlakuan khusus.

Tribunpontianak.co.id
Ilusrasi Jagung Manis - Berikut ini tips yang bisa diikuti jika ingin membudidayakan jagung manis pada lahan gambut untuk mendapatkan hasil maksimal yang kami sediakan seidaknya ada 7 langkah yang bisa diikuti dari proses penanman, perawatan hingga panen. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID-Cara menanam Jagung Manis agar berbuah besar bisa dilakukan dimana saja, tak terkecuali pada lahan kritis. Di Indonesia, jenis lahan kritis sangat beragam, salah satunya Lahan gambut.

Tanaman Jagung merupakan tanaman pangan utama kedua di Indonesia setelah padi. Jagung mempunyai kandungan gizi dan serat kasar yang cukup memadai sebagai bahan makanan pokok pengganti beras.

Selain sebagai makanan pokok, jagung juga merupakan bahan baku pakan ternak.

Potensi lahan gambut memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai lahan budidaya. Lahan gambut memiliki sifat rapuh, sehingga perlu perlakukan khusus saat hendak dijadikan sebagai Lahan budidaya.

Usaha tani Jagung Manis di Lahan Gambut juga memiliki prospek yang bagus. Namun, agar tanaman tumbuh dengan baik, perlu ada perlakuan khusus.

Lalu, bagaimana cara menanam Jagung Manis di Lahan gambut dengan hasil yang melimpah

Ketahanan Pangan di Saat Pandemi Covid-19, Warga dan Polsek Sekadau Hilir Tanam Jagung Manis Hibrida

Kebutuhan Jagung di Indonesia terus meningkat, sejalan dengan meningkatnya tingkat konsumsi per kapita per tahun dan bertambahnya jumlah penduduk Indonesia.

Jagung Manis merupakan satu diantara jenis jagung hibrida yang digemari banyak orang dan memiliki harga pasaran yang cukup tinggi itulah sebanya budidaya Jagung Manis bisa jadi sangat menguntungkan bagi sebagian petani.

Berikut ini kami uraikan setidaknya ada 7 perlakuan dan proses penanaman Jagung Manis dilaha gambut agar mendapatkan hasil yang maksimal, dikutip dari Kompas.com

1. Menyiapan lahan

Budidaya jagung manis di lahan gambut diawali dengan persiapan lahan. Adapun cara menyiapkan lahan gambut untuk menanam jagung, seperti berikut:

Pada kondisi gulma yang sangat tebal maka gulma-gulma tersebut perlu ditebas. Setelah dua minggu, gulma muda disemprot herbisida sistemik dengan dosis 4-5 liter/ha atau tergantung dengan jenis gulmanya.

Jika gulma tumbuh tidak rapat, maka persiapan lahan perlu dilakukan yaitu mengaplikasikan herbisida kemudian dibersihkan.

Pada area yang memiliki lapisan gombat (lapisan masa akar tanaman paku-pakuan) yang tebal, maka perlu dilakukan perlakukan pengupasan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved