Cara Dapat Sertifikat Tanah Gratis? Begini Syarat Urus Sertifikat Tanah Lewat Notaris!

Pengurusan sertifikat tanah harus dilakukan di Kantor Pertanahan ( Kantah ) di kabupaten atau kota tempat tanah tersebut terletak.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID
Ilustrasi Notaris-Berikut ini cara pengurusan Sertifikat Tanah lewat jalur PTSL dengan gratis Lengkap syarat dan tata cara pengurusan sertifikat tanah melalui jasa notaris. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sertifikat Tanah merupakan salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki oleh mereka yang memiliki aset tanah.

Pengurusan Sertifikat Tanah harus dilakukan di Kantor Pertanahan ( Kantah ) di kabupaten atau kota tempat tanah tersebut terletak.

Selain menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, untuk mengurus Sertifikat Tanah, ternyata ada sejumlah biaya yang wajib dibayar oleh mereka yang ingin mengurusnya.

Demi memudahkan masyarakat untuk mengetahui berapa besar biaya yang harus dibayarkan saat mengurus Sertifikat Tanah, Kementerian ATR/BPN telah menyiapkan layanan secara online.

Akan tetapi pada artikel ini Tribunpontianak akan membahas syarat-syarat dan cara mengurus Sertifikat Tanah lewat jalur offline yaitu melalui jasa Notaris, untuk itu simak artikel ini hingga selesai.

Sertifikat Tanah Palsu? Berikut Cara Cek Keaslian Sertifikat Tanah Lewat HP!

Sertifikat Tanah Gratisnya bagaimana ?

Untuk mendapatkan Sertifikat Tanah wajib mendaftarkan kepemilikan tanah miliknya lewat dengan Pendaftaran Sertifikat Sistematis Lengkap ( PTSL ).

Program sertifikat tanah tanpa biaya ini dicanakan presiden Joko Widodo ( Jokowi ) melalui Inpres Nomor 2 Tahun 2018 dan program ini direncanakan akan berlangsung hingga 2025 mendatang.

Langkah awal mengurus sertifikat tanah gratis ini cukup mudah yaitu masyarakat hanya perlu mengurus langsung ke BPN dengan membuat pengajuan tanah yang akan didaftarkan.

Program PTSL merupakan proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu.

Berikut ini adalah tata cara yang dapat dilakukan dalam pengurusan Sertifikat Tanah tanpa biaya.

1. Mengunjungi Kantor BPN Langkah pertama, cara mengurus sertifikat tanah yaitu dengan mengunjungi kantor BPN sesuai dengan wilayah lokasi tanah.

Sesampainya dikantor BPN ikutilah langkah-langkah berikut ini:

* Kunjungi loket pelayanan Sertifikat Tanah dan mengisi formulir pendaftaran dan lakukan verifikasi dokumen Kamu akan mendapatkan map dengan warna biru dan kuning.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved