Kurangi Tingkat Kecelakaan, Menhub Ajak Pelajar di Indonesia Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Budi mengatakan sebagai generasi muda penerus bangsa, pelajar berperan penting untuk mewujudkan penurunan tingkat kecelakaan lalu lintas....

Editor: Mirna Tribun
Dokumentasi Kementerian Perhubungan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama para pemenang Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2022 di Gedung Kemenhub, Kamis (15/9/2022). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak seluruh pelajar di Indonesia menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Budi mengatakan sebagai generasi muda penerus bangsa, pelajar berperan penting untuk mewujudkan penurunan tingkat kecelakaan lalu lintas yang mayoritasnya melibatkan usia pelajar (15-19 tahun).

"Dari jumlah kecelakaan lalu lintas, kebanyakan dialami kalangan pelajar atau remaja yang masih labil emosinya," kata Budi dalam acara Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Kamis (16/9/2022).

Budi meminta para pelajar yang terpilih dalam ajang tersebut untuk mengajak dan mengingatkan sesama pelajar menjaga keselamatan dalam berlalu lintas di jalan.

"Adik-adik yang terpilih menjadi pelopor ini sudah mengerti pentingnya keselamatan berlalu lintas. Jadi tolong untuk diingatkan juga teman-temannya," ujarnya.

Budi juga mengatakan edukasi tentang keselamatan berlalu lintas sangat penting untuk dilakukan secara berkelanjutan guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas yang baik dan berkeselamatan.

"Di seluruh dunia setiap harinya ada korban kecelakaan lalu lintas yang jumlahnya banyak sekali. Kita menginginkan jumlahnya bisa berkurang atau bahkan tidak ada kecelakaan," ucap dia.

Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Barat Y. Anthonius Rawing Ajak Masyarakat Tertib Berlalu Lintas

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno menjelaskan, kegiatan pemilihan pelajar pelopor ini dilakukan sebagai salah satu upaya mengurangi tingkat kecelakaan di jalan, khususnya yang melibatkan usia pelajar atau remaja.

Hal ini kata Hendro, sejalan dengan Decade of Action (DoA) for Road Safety 2021-2030 yang dideklarasikan dalam Majelis Umum PBB pada September 2020.

"Tujuannya untuk mengurangi kematian dan cedera lalu lintas jalan setidaknya 50 persen dari 2021 hingga 2023. Setiap negara anggota, termasuk Indonesia dituntut untuk meningkatkan upaya keselamatan yang dijalankan pada skala nasional, regional dan global," kata Hendro.

Berikut para pemenang pemilihan pelajar pelopor:

• Juara I

Andi Tenribali Hikmah Napacce (SMAN 1 Pontianak) dengan judul karya tulis Knalpot Anti No Clear Solusi Pencemaran Udara dan Suara

• Juara II Faza

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved