Hantaru 2022

Kantor Pertanahan Sambas Optimis Capai Target PTSL Tahun 2022

Sejauh ini Kantah Kabupaten Sambas telah membuktikan diri, dengan capaian-capaian yang mengesankan sepanjang tahun 2022 ini.

Penulis: Muhammad Firdaus | Editor: Mirna Tribun
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
Kepala Kantor BPN Kabupaten Sambas, Zulfitriansyah SH. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas, Zulfitriansyah SH mengatakan bahwa pihaknya sangat berbahagia dan antusias dalam rangka menyambut peringatan ke-62 Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) pada tahun 2022 ini.

Dengan harapan kedepannya kementerian ATR/BPN dan jajarannya hingga daerah-daerah dapat lebih baik dalam melaksanakan tugas dan pengabdian pada bangsa dan negara melalui pelayanannya kepada masyarakat di bidang pertanahan dan agraria.

"Yang jelas pertama kita merasa sangat berbahagia ya di hari ke-62 Hantaru, sejak tahun 60 sampai sekarang masih eksis terus melayani masyarakat," ucapnya, Minggu, 25 September 2022.

Kepala Kantor yang telah mendapat penghargaan Satya Lencana ini menjelaskan bahwa kedepan pihaknya tentu akan terus berkoordinasi dan mengikuti arahan-arahan serta petunjuk dari Kementerian ATR/BPN RI dan Kantor Wilayah Kalimantan Barat.

Hal ini dilakukan sebagai komitmen Kantah untuk terus menjalankan tugas dan kewajibannya pada masyarakat Kabupaten Sambas dengan pelayanan yang cepat, berkualitas, akurat, dan tangguh.

Sejauh ini Kantah Kabupaten Sambas telah membuktikan diri, dengan capaian-capaian yang mengesankan sepanjang tahun 2022 ini.

Pada program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) misalnya, Untuk tahun 2022 ini saja Kantah Kabupaten Sambas ini telah menyelesaikan 5.681 bidang dari target sejumlah 5.916 bidang.

"Untuk PTSL kita sudah menyelesaikan 5.681 bidang dari target 5.916, itu yang sudah kita laksanakan, sudah finishing," ucapnya.

Kemudian pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Berbasis Aparatur Sipil Negara (PTSL ASN). Kantah Sambas telah menyelesaikan 622 bidang dari target yang ditetapkan sejumlah 1.071 bidang.

"Kita harapkan PTSL partisipasi masyarakat maupun PTSL ASN, Insyaallah mudah-mudahan bisa terselesaikan pada Oktober tahun ini," ucapnya.

Selain 2 program di atas, Kantah Sambas juga menjalankan program-program lainnya, seperti sertifikasi tanah wakaf pada sejumlah bidang lahan/bangunan umum seperti rumah ibadah, pemakaman, dll.

Yang sejauh ini Kantah Sambas telah mengadakan MoU dengan Kantor Kemenag Kabupaten Sambas untuk sertipikasi tanah rumah ibadah, serta MoU dengan Paroki Sambas dan Paroki Pemangkat untuk sertipikasi tanah gereja.

Kemudian Kantah Sambas juga saat ini sedang menjalankan program Redistribusi Tanah yang merupakan salah satu bagian dari program strategis Nasional reforma agraria.

Yang bertujuan memperbaiki kondisi sosial-ekonomi rakyat dengan cara membagikan lahan secara adil dan merata kepada warga negara.

"Untuk redistribusi tanah kita targetkan 2.000 bidang, insyaallah November atau Desember bisa diselesaikan, sekarang dalam progres," ucapnya.

Kemudian Kantah Kabupaten Sambas juga sedang menjalankan program Pensertipikatan lintas sektor dengan target sejumlah 350 bidang khusus untuk para petani dan pelaku usaha UMKM. Ditargetkan rampung pada bulan ini.

"Itu kita targetkan 350, Insyaallah on progres bisa terselesaikan mudah-mudahan dalam bulan ini," ucapnya.

Selanjutnya Kantah Sambas saat ini juga sedang menjalankan program sertifikasi tanah Pemerintah atau aset daerah Kabupaten Sambas dan Provinsi Kalimantan Barat. Hal ini dilakukan agar tidak ada tumpang tindih lahan di atas bangunan atau aset Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved