Pemilu 2024

Mahfud MD:Tudingan SBY Berlaku Untuk Semua Pemilu yang Berpotensi Curang, Tak Hanya 2024!

Pemilu pasti diwarnai oleh tindak kecurangan, termasuk pemilu di zaman pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ).

Kompas TV
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan-Mahfud MD menanggapi pernyataan SBY dengan menyebut jika potensi kecurangan saat Pemilu pasti ada tidak hanya di Pemilu 2024, hal ini disampaikan Mahfud Kamis 22 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan ( Menko Polhukam ) Mahfud MD kini turut berkomentar menanggapi kecurigaan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) yang menyebut jika pemilu kali ini dirinya terpaksa haru turun gunung.

Pasalnya SBY menyebut di Pilpres 2024 mendatang akan ada upaya pengaturan yang hanya diikuti dua pasang Capres - Cawapres, namun SBY enggan menyebutkan sumber informasi yang disebutnya.

Menanggapi hal ini Mahfud MD menegaskan bahwa pemilu pasti diwarnai oleh tindak kecurangan, termasuk pemilu di zaman pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ).

Mahfud berpendapat potensi kecurangan terjadi tidak hanya di Pemilu 2024 mendatang, hampir setiap pemilu pasti ada ditemukan tindakan kecuragan termasuk pada pemerintahan SBY.

Kecurigaan SBY Tentang Pemilu 2024 Tak Berlangsung Adil Menuai Reaksi dari Berbagai Pihak

"Ada atau tidak ada tudingan dari Pak SBY, Pemilu pasti diwarnai kecurangan. Pada zaman Pak SBY juga banyak kecurangan. Sebagai hakim MK (Mahkamah Konstitusi) ketika itu saya tahu itu," Ujar Mahfuf, Kamis 22 September 2022.

Hal ini disampaikan Mahfud karena menurutnya saat masa pemerintahan SBY dirinya menjadi Hakim Konstitusi yang banyak menangi masalah kecurangan pemilu.

Hal itu terbukti ketika ada gugatan hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi atas hasil perolehan suara yg diperoleh partai lain.

"Bahkan ada juga yang menggugat karena merasa dicurangi oleh sesama anggota partai," kata Mahfud.

Mahfud kemudian membedakan kecurangan pemilu zaman Orde Baru di bawah pemerintahan Soeharto dengan era reformasi saat ini.

Zaman Orba, kata dia, kecurangan langsung dilakukan oleh penguasa.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved