Lokal Populer

Fasilitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Kabupaten Sambas

diresmikannya gedung baru IGD RSUD Sambas tersebut, harus selaras dengan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Prokopim Pemkab Sambas
Bupati Sambas H Satono saat meresmikan Gedung Baru IGD RSUD Sambas, Kabupaten Sambas, Selasa 9 Agustus 2022. Bupati Sambas meminta gedung IGD dengan tingga lantai itu dapat memberikan pelayanan kesehatan optimal kepada masyarakat. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Gedung baru Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sambas, Kabupaten Sambas diresmikan Bupati Sambas H Satono. Gedung megah dan punya beragam fasilitas baru tersebut diharapkan mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, Selasa 9 Agustus 2022.

Prosesi pemotongan pita sebagai tanda peresmian gedung baru IGD RSUD Sambas tersebut dilakukan oleh Bupati Sambas, Satono, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sambas, Yunisa Satono, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Hendi Wijaya.

Bupati Sambas H. Satono mengatakan, dengan diresmikannya gedung baru IGD RSUD Sambas tersebut, harus selaras dengan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Di mana pelayanan prima adalah kunci utama setiap tindakan yang dilakukan tenaga kesehatan.

"Jangan cuma gedungnya saja yang megah tapi kualitas pelayanannya tidak ada peningkatan. Sekarang gedung baru, direktur baru, staf TU baru. Jadi kualitas pelayanan juga harus baru. Jangan sampai ada kubu-kubu tertentu di internal rumah sakit," katanya.

Bupati Sambas H. Satono mengatakan, peningkatan kualitas pelayanan di RSUD Sambas harus dimulai dari dalam. Dia minta agar seluruh tenaga kesehatan mulai dari dokter, perawat, bidan, para ahli, dan seluruh jajaran RSUD Sambas kompak dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

"Kalau semuanya kompak, bersatu-padu, sejalan, maka kualitas pelayanan pasti meningkat. Artinya di RSUD Sambas ini harus ada sebuah sistem manajemen yang konsisten, untuk mewujudkan program yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026 khususnya di bidang kesehatan," pungkasnya.

Anggota DPRD Sambas Lerry Kurniawan Figo mengapresiasi peresmian Gedung IGD RSUD Sambas. Dia menilai peresmian itu menunjukkan komitmen Bupati Sambas memperjuangkan kebutuhan masyarakat, Rabu 10 Agustus 2022.

"Tentunya kebijakan Bupati H Satono ini layak kita apresiasi. Ini menunjukan bahwa beliau ini komitmen dalam memperjuangkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat dan sesuai dengan janji politik saat kampanye dulu bahwa masyarakat Non BPJS akan diberikan pelayanan rawat inap gratis," ujarnya.

Anggota Komisi IX DPR RI Berkunjung ke Sambas, Harap Dapat Bahas Permasalahan Kesehatan 

Rawat Inap Gratis

Dia menambahkan bahwa pelayanan rawat inap gratis melalui program Prosesar itu bahkan telah berlaku di Puskesmas yang ada di Kabupaten Sambas.

"Sebagai informasi sebelumnya program Prosesar ini hanya berobat gratis di tingkat RSUD Sambas namun sekarang diperluas lagi untuk rawat inap di Puskemas yang ada di Kabupaten Sambas.

Dia menjelaskan, urusan kesehatan ini merupakan pelayanan dasar yang wajib bagi pemerintah daerah. Oleh karena, imbuh dia, pemerintah sudah sepantasnya memberikan perlindungan dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Jangan sampai ada masyarakat yang sakit tapi tak bisa berobat karena miskin.

Ini miris dan tidak boleh terjadi di Kabupaten Sambas, oleh karena itu saya kira program Prosesar ini adalah solusi yang tepat dan bermanfaat, sudah terbukti sangat membantu masyarakat," jelasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved