3 Samsat Tempat Bayar Pajak Kendaraan Bebas Denda, Edy Gunawan Ingatkan Bayar Sebelum Akhir Periode

"Animo masyarakat untuk menggunakan atau memanfaatkan program ini cukup banyak. Dapat dilihat dari dua tiga hari ini antrean masyarakat untuk melakuka

Penulis: Maskartini | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Edy
Kepala UPT PPD Pontianak Wilayah 1 Edy Gunawan turun ke jalan membagikan brosur informasi pembebasan denda pajak pada 1 Agustus lalu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - UPT Pelayanan Pendapatan Daerah (PPD) Pontianak Wilayah 1 gencar mensosialisasikan program pembebasan denda administasi keterlambatan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bela Balik Nama Kendaran Bermotor (BBNKB) kedua yang berlaku mulai 1-31 Agustus 2022.

Kepala UPT PPD Pontianak Wilayah 1 Edy Gunawan mengatakan sesuai pergub yang ditetapkan oleh gubernur waktu yang diberikan hanya 1 bulan. Biasanya kata Edy akan terjadi penumpukan di ujung periode, ia pun menyarankan masyarakat segera manfaatkan waktu di awal periode.

"UPT Pelayanan Pendapatan Daerah (PPD) Pontianak Wilayah 1 operasionalnya secara teknis itu Kota Pontianak dan Kubu Raya emang pelayanan kita itu ada 3 samsat. Samsat Pontianak di Adi Sucipto, Samsat Siantan dan satu lagi satu di Samsat Kubu Raya di Jalan Rasau," ujarnya Kamis 4 Agustus.

Program pembebasan denda keterlambatan kata Edy merupakan program yang diberikan oleh Gubernur Kalbar untuk memberikan keringanan kepada masyarakat dimana denda pajak itu dihapuskan, tapi pokoknya tetap dilaksanakan pembayaran.

Tidak Setuju Penghapusan Data Kendaraan Tak Bayar Pajak 2 Tahun, Ini Penjelasan Firdaus Zarin

"Animo masyarakat untuk menggunakan atau memanfaatkan program ini cukup banyak. Dapat dilihat dari dua tiga hari ini antrean masyarakat untuk melakukan melaksanakan pembayaran pajak 5 tahunan di samsat Adi Sucipto di Pontianak ini cukup ramai, begitu juga di Samsat Siantan dan Samsat Kubu Raya," ungkapnya.

Ia menyarankan masyarakat dapat memanfaatkan program ini sesegera mungkin. "Jangan di ujung-ujung periode karena seperti pengalaman yang kita alami pada tahun lalu di ujung periode itu penumpukan akan terjadi. Jadi bisa saja waktu layanan yang mungkin masyarakat ada dapatkan akan menjadi lebih panjang dari normalnya," ujarnya.

Pelayanan Pajak Tahunan Bisa di 7 Unit Bank Kalbar
Untuk masyarakat yang hanya membayar pajak tahunan pembayaran kata dia dapat dilaksanakan di unit layanan seperti Samsat keliling, gerai Samsat yang terdapat di 7 unit Bank Kalbar yaitu di gerai Seruni Kemuning Dahlia, Pasar Mawar, Jeruju dan Serdam, dapat juga di drive true museum.

"Kita juga dapat memberikan pelayanan pada malam hari, sore hari dan malam hari untuk drive thru Senin-Jumat dan Samsat keliling di tiga titik di malam hari. Senin-Kamis itu di depan Xing Mart Serdam, di Taman Akcaya dan depan Bank Kalbar capem Siantan itu dimulai dari pukul 19.30 WIB sampai dengan 21.00 WIB. Jadi kita ada malam hari juga khusus bulan Agustus ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sibuk pada jam kerja," ujarnya.

Untuk pelayanan pada Sabtu kata Edy dilayani di Samsat utama yaitu buka dari jam 08.00 sampai jam 12.00 juga buka untuk Sabtu. Khusus hari Minggu, pelayanan hanya drive thru museum yang buka dari jam 09.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

"Jadi masyarakat dapat memanfaatkan unit layanan, kita buka selama ini untuk mendukung program pembebasan denda administrasi ini. Kalaupun masyarakat mau bayar pakai mobile banking atau transfer bank itu dapat menggunakan aplikasi mobile banking Bank Kalbar dan aplikasi signal milik Korlantas POLRI. Jadi ada banyak pilihan yang dapat kita gunakan untuk bayar pajak tahunan, kalau bayar pajak untuk 5 tahunan pada saat penggantian plat harus melakukan pengecekan fisik kendaraan di samsat jadi emang bedanya tahunan dan 5 tahun itu harus kembali di Samsat utama," ujarnya.

Sosialisasi Turun ke Jalan

Kepala UPT PPD Pontianak Wilayah 1 Edy Gunawan mengungkapkan untuk mensosialisasikan program, pihaknya turun langsung ke jalan. Minggu pertama Agustus, pihaknya membagikan brosur informasi ke tempat-tempat umum. Seperti di persimpangan jalan, warung kopi, pasar tradisional, SPBU dan lainnya.

Sosialisasi dilakukan di wilayah kerja UPT Pelayanan Pendapatan Darah (PPD) Pontianak Wilayah 1 yakni Kota Pontianak dan Kubu Raya.

"Jadi selama satu minggu ini kami turun mensosialisasikan lewat brosur ke masyarakat ke berbagai tempat," Jelas Edy.

Edy mengatakan, sosialisasi langsung bertujuan untuk menjangkau masyarakat kalangan tertentu yang mungkin belum mengetahui program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar tersebut. Karena sosialisasi dengan cara lain juga gencar dilakukan, seperti melalui media sosial hingga media massa.

"Jadi program Pemprov membebaskan denda administasi keterlambatan pembayaran PKB dan BBNKB kedua ini berlaku se-Kalbar, silahkan masyarakat memanfaatkannya selama Agustus ini," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved