dr Eka Ardiani Putri Sampaikan Pentingnya untuk Selalu Menjaga Kesehatan Lansia

dr. Eka Ardiani Putri, MARS selaku dokter & dosen Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura sekaligus Kepala laboratorium Osce Universitas Tanjungpu

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/dr. Eka Ardiani Putri, MARS
dr. Eka Ardiani Putri, MARS 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - 29 Mei merupakan momentum sebagai Hari Lanjut Usia, pada tahun 2022 ini mengangkat tema 'Lansia sehat, Indonesia Kuat'.

dr. Eka Ardiani Putri, MARS selaku dokter & dosen Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura sekaligus Kepala laboratorium Osce Universitas Tanjungpura, Departement  Public Health Universitas Tanjungpura dan juga sebagai Peneliti Bidang Kesehatan Masyarakat.

Dirinya juga sebagai penulis buku dan pengusaha muda Kalimantan Barat meyampaikan, bahwa fungsi tubuh akan menurun seiring bertambahnya usia.

Proses penuaan umumnya berawal dari munculnya keriput, kemudian secara perlahan sistem kekebalan tubuh mulai melemah, sehingga lebih mudah terkena penyakit.

Tingkatkan Kualitas Layanan Primer, BPJS Kesehatan Evaluasi Pemanfaatan

Namun, tidak perlu khawatir karena penuaan memang tidak bisa dihentikan tapi bisa diperlambat. Meski sudah memasuki usia 60-an tetap bisa hidup dengan sehat dan bugar. ikuti tips menjaga kesehatan lanjut usia (lansia) berikut ini.

Maka kata dia, pentingnya menjaga kesehatan tubu bagi lansia. Saat bertambah usia, bukan berarti Anda tidak perlu lagi memerhatikan kondisi kesehatan dan mental.

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

Pasalnya, setiap manusia berhak memiliki kesempatan untuk hidup sehat dalam waktu yang lama. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang sudah memasuki masa lansia.

Seiring dengan pertambahan usia, Anda pun mengalami berbagai perubahan, baik secara fisik maupun mental. Maka itu, Anda mungkin perlu melakukan penyesuaian gaya hidup agar kesehatan sebagai lansia tetap terjaga.
 
Penyesuaian gaya hidup yang tepat juga dapat membantu Anda mencegah berbagai penyakit serius, termasuk diabetes, hipertensi, asam urat dan penyakit kanker. Beberapa cara yang bisa di lakukan untuk menjaga kesehatan lansia, seperti berikut ini.

1. Tetap aktif

Memasuki masa lansia, mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di rumah ketimbang melakukan aktivitas di luar ruangan. Padahal, aktif bergerak dan berolahraga dapat menjaga agar fisik dan mental lansia tetap sehat.

Bahkan, aktif bergerak dan olah raga rutin tidak hanya menjaga kesehatan lansia, tapi juga menambah usia harapan hidup. Oleh karena itu, meski sudah memasuki masa lansia, bukan berarti berhenti aktif bergerak.
 
Selain itu, rutin berolahraga juga dapat membantu agar terhindar dari berbagai penyakit serius hingga disabilitas yang biasanya baru muncul di masa lansia. Namun, penting untuk menyesuaikan jenis dan intensitas olahraga dengan kondisi tubuh.

Beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan lansia, yaitu:
-Meningkatkan kekebalan tubuh.
-Meningkatkan produksi hormon endorfin, yang bisa mengurangi stres
-Menjaga berat badan tetap normal.
-Meningkatkan kekuatan tulang.
 
Bahkan olahraga juga baik bagi kesehatan otak lansia. Semakin tua, fungsi otak mengalami penurunan sehingga lansia menjadi lebih mudah lupa.

Penyakit yang menyerang sistem saraf pusat pun banyak berkembang, seperti penyakit alzheimer, demensia vaskular, atau penyakit Parkinson.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved