Breaking News:

Pola Hidup Sehat

Cara Membedakan Batuk Pilek Biasa Pada Gejala Flu dan Omicron

varian corona Omicron kemungkinan lebih cenderung bergejala ringan, menjadikan orang merasa lebih sulit membedakan infeksi pernapasan yang terjadi.

Ilustrasi
Gambar ilustrasi yang diambil di London pada 2 Desember 2021 menunjukkan empat jarum suntik dan layar bertuliskan 'Omicron', nama varian baru covid 19, dan ilustrasi virus. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Gejala flu biasa saat ini tidak boleh disepelekan. dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir, ada varian baru ditemukan di Indonesia dan seluruh dunia. 

Ialah varian corona Omicron. Namun, kondisi cuaca yang sering berubah seperti saat ini juga banyak menyebabkan orang terserang flu biasa. 

Mungkin orang yang mengalami sakit tenggorokan, pilek, demam, dan nyeri tubuh bertanya-tanya apakah terinfeksi Covid-19 atau bukan, terlebih di musim penghujan seperti ini yang biasanya banyak orang terserang flu.

Mengingat varian corona Omicron kemungkinan lebih cenderung bergejala ringan, menjadikan orang merasa lebih sulit membedakan infeksi pernapasan yang terjadi.

Melansir The National News, jika hanya berdasarkan gejala, kemungkinan akan sulit membedakan flu biasa dan infeksi Covid-19, terutama jika disebabkan oleh varian Omicron.

Kasus Omicron di Indonesia Kembali Bertambah, Kemenkes Ungkap Gejala Paling Banyak Terjadi

Untuk itu, perlu dilakukan pengujian untuk memastikan gejala flu atau infeksi Omicron.

“Menurut saya pilek biasa dan Omicron sulit dibedakan,” ujar Pemimpin European Society of Clinical Microbiology and Infectious Diseases dari Aarhus University Hospital di Denmark Prof Eskild Petersen.

Spesialis penyakit menular di Universitas Cardiff di Inggris Dr Andrew Freedman menuturkan, banyak orang terutama yang telah divaksinasi menderita gejala yang dianggap sebagai flu biasa.

Sementara itu, National Health Service (NHS) Inggris menyampaikan bahwa gejala utama dari infeksi Covid-19 termasuk suhu tubuh tinggi, batuk terus-menerus, dan kehilangan atau perubahan pada indera perasa atau penciuman.

Beberapa gejala tumpang tindih dengan flu biasa, yang mungkin juga termasuk hidung tersumbat atau berair, nyeri otot, dan bersin.

Gejala Pasien Omicron Pertama Asal Jatim Terdeteksi Usai Lakukan Perjalanan 5 Hari ke Bali

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved