Breaking News:

Mahasiswa KKM IKIP PGRI Pontianak Eksplorasi Wisata Alam di Galing

Desa galing memiliki sebuah bukit yang di beri nama bukit Seburuan. Bukit Seburuan terletak di Dusun Seburuan Desa Galing Kecamatan Galing....

Editor: Mirna Tribun
TRIBUNFILE/IST
Sebanyak 12 mahasiswa IKIP PGRI Pontianak mengikuti program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Kecamatan Galing. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sebanyak 12 mahasiswa IKIP PGRI Pontianak mengikuti program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Kecamatan Galing.

Kegiatan ini berupaya untuk mengenalkan beberapa tempat yang memiliki potensi sebagai destinasi wisata namun belum terjamaah dan dikenal masyarakat.

“Mahassiwa yang mengikuti kegiatan KKM ini merupakan mahasiswa yang terbaik dari Kecamatan Galing dan sekitarnya. Mahasiswa harus mampu menggali potensi yang ada di desa. Salah satunya adalah wisata alam,” jelas dosen pembimbing KKM IKIP PGRI Pontianak, Matsun, S.Si., M.Pd.

Menurutnya, untuk menjadikan wisata alam bukit Seburuan bernilai ekonomis diperlukanlah peran serta masayarakat dan pemerintah.

Masyarakat harus siap SDM (Sumber Daya Manusia) dalam mengolah tempat pariwisata serta membaca peluang yang ada jika tempat tersebut telah dibuka sebagai tempat wisata.

KKM IKIP PGRI Pontianak Beri Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Banjir di Sekadau

“Banyak peluang usaha yang bisa diambil seperti tempat makan, kuliner dan cendramata. Peningkatan kwalitas SDM juga harus diperhatikan, di antaranya kemampuan berbahasa Inggris,” tambah Matsun.

Sebanyak 12 mahasiswa IKIP PGRI Pontianak mengikuti program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Kecamatan Galing.
Sebanyak 12 mahasiswa IKIP PGRI Pontianak mengikuti program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Kecamatan Galing. (TRIBUNFILE/IST)

Peran pemerintah untuk mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk objek wisata Bukit Seburuan juga sangat dibutuhkan, salah satunya adalah pembangunan akses jalan untuk menuju lokasi.

Apabila dua komponen ini berjalan dengan lancar maka diharapkan pendapatan masyarakat akan meningkat.

“Desa galing memiliki sebuah bukit yang di beri nama bukit Seburuan. Bukit Seburuan terletak di Dusun Seburuan Desa Galing Kecamatan Galing Kabupaten Sambas. Jarak antara pusat pemerintahan Desa Galing ke Bukit seburuan sekitar 8 Kilometer. Untuk menuju bukit Seburuan kami harus melewati jalan berbatuan dan tanah kuning. Tidak jauh dari puncak Bukit Seburuan kami menemukan sebuah batu yang besar yang di dalamnya ada rongga. Rongga itu dinamakan Goa. Goa yang satu ini termasuk unik karena di depan pintu goa ini terdapat tulisan mirip tulisan arab, sehingga masayarakat setempat menyebutnya sebagai Goa Kalimah," ujar Yoga Pratama, Ketua KKM IKIP PGRI Pontianak di Kecamatan Galing.

Tambahnya, Goa Kalimah ini memiliki panjang 15 meter, dan didalam Goa kalimah ini terdapat kolam.

Selain Goa Kalimah ada beberapa Goa yang ada di Bukit Seburuan diantaranya Goa Kelelawar, dan Goa Tarup.

Namun sayangnya tempat-tempat yang berptensi tersebut tidak memiliki petunjuk atau papan nama sebagai panduan masyarakat menuju kesana.

IKIP PGRI Pontianak Gelar Konferensi Internasional, Fasilitasi Diskusi Ilmiah di Dunia Pendidikan

“Program kerja dari KKM kami ada lima yaitu:  wisata alam, senam sehat untuk Ibu-ibu,  bimbingan belajar Bahasa Inggris untuk anak SD, pembuatan plang papan nama, dan bakti sosial. Semoga dengan dibuatnya plang nama di tempat berpotensi tersebut bisa membuatya lebih dikenal oleh warga,” tambah Yoga Pratama. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved