Breaking News:

Memetakan Cagar Budaya di Kota Pontianak dengan Google Earth

resep jurnalisme data ini akan melengkapi informasi tersebut dengan titik koordinat untuk setiap lokasi cagar budaya. Foto serta informasi singkatnya

Penulis: Hamdan Darsani | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Tangkapan Layar
Proyeksi Google Earth Rute Air Menelusuri Bangunan Cagar Budaya di Kota Pontianak 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010, cagar budaya merupakan warisan budaya bersifat kebendaan yang berupa benda, bangunan, struktur, situs dan kawasan. Selain warisan sejarah, cagar budaya kerap menjadi bahan penelitian, dan dikunjungi para wisatawan.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, terdapat sejumlah Cagar Budaya di ibu kota Kalimantan Barat tersebut. Cagar itu terdiri atas benda, struktur, bangunan, dan situs yang  tersebar di sejumlah wilayah. Informasi cagar budaya di Pontianak dipublikasikan di https://data.pontianakkota.go.id/  tetapi hanya berupa tabel dan foto. Itu pun tidak semua cagar budaya memiliki foto dan keterangan yang memadai.

Karena itu, resep jurnalisme data ini akan melengkapi informasi tersebut dengan titik koordinat untuk setiap lokasi cagar budaya. Foto serta informasi singkatnya juga akan dilengkapi.

Kumpulkan Puluhan Gepeng, Walikota Pontianak Data dan Carikan Solusi untuk Kehidupan Lebih Baik

Penentuan titik koordinat akan memudahkan pemetaan pada rencana pengembangan pembangunan. Selain itu, mengefektifkan  promosi wisata, dan memudahkan wisatawan saat ingin mengunjungi lokasi tersebut.

Penentuan titik koordinat juga sebagai langkah mitigasi dalam melindungi bangunan, situs dan struktur cagar budaya dari ancaman penggusuran dan alih fungsi peruntukan.

Pemetaan cagar budaya di Pontianak menggunakan perangkat google earth. Aplikasi ini tersedia gratis dan cukup populer di masyarakat. Itu sebabnya google earth digunakan supaya datanya tersedia setiap saat serta  dapat diakses oleh siapa pun dan  di mana pun. Penggunaan google earth juga memudahkan penyuntingan dan pembaruan informasi. 

Akses data

Penentuan koordinat didahulu dengan membuka portal https://data.pontianakkota.go.id/, yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak. 

Tampilan halaman utama portal informasi Kota Pontianak, https://data.pontianakkota.go.id
Tampilan halaman utama portal informasi Kota Pontianak, https://data.pontianakkota.go.id (TRIBUNPONTIANAK/Tangkapan Layar)

Kemudian, masukkan kata kunci ‘Cagar Budaya’ pada kolom ‘Cari Data Publik Kota Pontianak’. Maka, muncul tiga seri data mengenai cagar budaya di Kota Pontianak, yakni tahun 2015, 2016, dan 2018.

Laman pilihan tiga data cagar budaya
Laman pilihan tiga data cagar budaya (TRIBUNPONTIANAK/Tangkapan Layar)

Setelah itu, unduh file data yang berformat excel tersebut. Dengan demikian, ada tiga data tahunan sebagai sumber data terbuka untuk memetakan cagar budaya di Kota Pontianak.

Laman pengunduhan data Cagar Budaya di Kota Pontianak Tahun 2015 pada Portal https://data.pontianakkota.go.id/
Laman pengunduhan data Cagar Budaya di Kota Pontianak Tahun 2015 pada Portal https://data.pontianakkota.go.id/ (TRIBUNPONTIANAK/Tangkapan Layar)
Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved