Breaking News:

Mendongeng Rangsang Tumbuh Kembang Positif Anak, Kak Seto Ajak Masyarakat Bacakan Dongeng ke Anak

Kak Seto menyampaikan, Mendongeng dapat membantu merangsang perkembangan anak - anak dari berbagai sisi. Banyak manfaat positif bagi anak yang secara

Penulis: Ferryanto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Ferryanto
Kak Seto saat mengisi acara Dongeng Bersama Kak Seto di TK Adhyaksa XI Pontianak, Kamis 14 Oktober 2021. 

TRIBUN PONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Puluhan siswa dan siswi dari TK Adhyaksa XI Pontianak terlihat begitu bersemangat mendengar dan menyaksikan Kak Seto saat mendongeng pada acara Dongen Bersama Kak Seto, Kamis 14 Oktober 2021.

Saat mendongeng, Kak Seto pun menampilkan berbagai atraksi sulap yang membuat anak - anak semakin antusias mendengarkan Dongeng Kak Seto.

Kak Seto menyampaikan, Mendongeng dapat membantu merangsang perkembangan anak - anak dari berbagai sisi. Banyak manfaat positif bagi anak yang secara rutin mendengar dongeng dari kedua orang tuanya.

Cara Mengendalikan Emosi Menurut Pandangan Psikologi

"Mendongeng itu dapat merangsang berbagai perkembangan anak, perkembangan bahasa, lalu emosi, bahwa anak - anak bisa meniru emosi pada dongeng - dongeng itu dengan cerdas, marah tidak harus membentak dan memukul, tetapi Bernai mengungkapkan kemarahannya dengan penuh persahabatan,"tuturnya.

Perkembangan moral, nilai Agama juga dapat ditanamkan melalui dongeng yang kemudian dapat menambah kepercayaan diri dari sang anak.

Mendongeng merupakan satu cara yang baik untuk membangun komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, ditengah perkembangan teknologi gaget yang saat ini yang kerab kali membuat anak lebih fokus terhadap gagetnya dibanding hal lain, sehingga dengan mendongeng pun dapat mencegah anak ketergantungan terhadap gadget.

"Mendongeng kan membangun komunikasi, nanti terbiasa rapat keluarga, ngobras, ngobrol bareng asik, sidang umum MPR, majelis Permusyawahan Rumah, dan ada kalanya nanti sidang kabinet terbatas, ayah bunda juga bisa berdialog, sehingga komunikasi semua berjalan dengan baik dan terpenuhi hak - haknya,"katanya.

Kemudian, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat Dr. Masyhudi menyampaikan pihaknya di kejaksaan siap mendukung berbagai program dari. kak Seto khususnya dalam Program Jaksa Sayang Anak .

"Program yang dikampanyekan Kak Seto kita dukung dan Kejaksaan akan ambil bagian dalam hal ini,"tuturnya.

Kejaksaan pun berkomitmen untuk terus menjaga hak - hak anak dalam melalui berbagai kebijakan di Kejaksaan. Lalu, Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Ratu Masyhud Dongen sangat membawa dampak positif bagi perkembangan fikiran anak, sehingga anak dapat belajar memecahkan masalah.

"Jika kita memiliki anak yang sudah masuk dalam usia sekolah kita bisa membacakan cerita yang menghibur dan pesan moral didalamnya, dengan mendongeng dapat menciptakan imajinasi dan kreativitas anak,"tuturnya.

Berbagai hal yang ada di dunia tidak akan terjadi tanpa imajinasi oleh karena itu kemampuan berfikir dan imajinasi adalah kunci dari kesuksesan di masa depan.

"Oleh karena itu saya saya mohon kepada orang tua untuk membacakan dongen kepada anak - anaknya setiap malam, bukan hanya ibu yang mendidik anak, namun ayahnya juga harus berpartisipasi dalam mendidik anak,"pesannya. (*)

Update Informasi Seputar Kota Pontianak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved