Breaking News:

Info Stimulus

Subsidi Gaji Hanya Bisa Cair di Himbara, Skema Pencairan BLT BPJS Rekening Bank BCA dan Swasta

Penyaluran Subsidi Gaji dari BLT BPJS Ketenagakerjaan terbaru hanya bisa dicairkan di rekening bank milik pemerintah atau Himbara.

Penulis: Rizky Zulham | Editor: Rizky Zulham
KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY ZULHAM
Ilustrasi Subsidi Gaji. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Penyaluran Subsidi Gaji dari BLT BPJS Ketenagakerjaan terbaru hanya bisa dicairkan di rekening bank milik pemerintah atau Himbara.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, menjelaskan bahwa realisasi sementara penyaluran program bantuan subsidi gaji atau upah (BSU) 2021 telah mencapai 3.251.563 orang pekerja.

Jumlah itu merupakan 37,4 persen dari total target penerima BSU sebanyak 8,7 juta orang.

Penyaluran BSU 2021 hingga saat ini sudah mencapai tahap ketiga.

Sesuai Kriteria Penerima Subsidi Gaji tapi Tidak Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, Begini Solusinya

Jika dirinci, tahap I telah tersalurkan kepada 947.436 penerima, tahap II tersalurkan kepada 1.145.598 penerima, dan tahap III tersalurkan kepada 1.158.529 penerima.

Untuk penyaluran BSU tahap I dan II, ditransfer langsung kepada pekerja penerima BSU yang memang telah memiliki rekening di salah satu Bank Himbara atau bank milik BUMN.

Sedangkan penyaluran tahap III, dilakukan melalui skema pembukaan rekening kolektif bagi para pekerja penerima BSU yang belum memiliki rekening di salah satu Bank Himbara.

"Alhamdulillah, penyaluran BSU di tahap ketiga melalui skema burekol (buka rekening kolektif) sudah berjalan. Kemarin di Semarang, saya sempat meninjau pelaksanaan burekol ini di mana pihak Bank Himbara jemput bola ke perusahaan-perusahaan yang memang pekerja/buruh penerima BSUnya belum memiliki rekening Bank Himbara," kata Ida melalui keterangan tertulis, Selasa 7 September 2021.

"Upaya ini dilakukan dalam rangka menjaga protokol kesehatan, agar tidak terjadi kerumunan, dan mempermudah proses aktivtasi rekening burekol," sambung dia.

Menghindari terjadinya duplikasi penerima manfaat program BSU dengan program bantuan sosial lainnya, maka sesuai dengan Permenaker Nomor 16 Tahun 2021.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved