Breaking News:

Pola Hidup Sehat

Pengertian Herd Immunity, Akibat Enggan Vaksin Covid-19

Itulah mengapa, CDC dan badan penasihat kesehatan lainnya tetap merekomendasikan vaksin Covid-19 untuk semua orang yang telah berusia 12 tahun atau le

Editor: Maudy Asri Gita Utami
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ilustrasi Covid-19/ Itulah mengapa, CDC dan badan penasihat kesehatan lainnya tetap merekomendasikan vaksin Covid-19 untuk semua orang yang telah berusia 12 tahun atau lebih. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Vaksin dapat menjaga imun tubuh dari paparan gejala berat. 

Banyaknya kelompok dewasa muda yang meragukan vaksin, dapat menghambat upaya mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

Yang mana, untuk mencapai kekebalan kelompok, minimal 80 persen populasi harus divaksinasi Covid-19.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti UC San Francisco menemukan, bahwa sekitar satu dari empat orang yang tidak divaksinasi berusia 18 hingga 25 mengatakan, mereka mungkin tidak akan atau sudah pasti tidak akan mendapatkan vaksinasi Covid-19, meskipun fakta demografis telah menunjukkan kelompok usia mereka lebih mungkin menularkan virus corona.

Hal ini tentu akan membahayakan kesehatan orang dewasa yang lebih tua, yang tidak dapat divaksinasi karena alasan kesehatan.

[Update Informasi Lainnya Disini]

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh dengan 8 Makanan Berikut Ini

Selain itu, tentu saja , semakin banyak orang dari kelompok dewasa muda yang enggan divaksin, bisa memicu munculnya varian baru yang lebih mematikan.

Melansir Medical Xpress, para peneliti menganalisis data Maret 2021 dari Household Pulse Survey, sampel populasi online yang mewakili secara nasional yang dilakukan oleh Biro Sensus AS bekerja sama dengan Pusat Statistik Kesehatan Nasional dan lembaga lainnya.

Di antara 5.082 responden, 83 persen melaporkan bahwa mereka belum divaksinasi Covid-19, 10 persen mengatakan mereka pasti tidak akan mau divaksinasi, dan 14 persen mengatakan mereka mungkin tidak akan mendapatkan vaksin. Studi ini telah diterbitkan di Journal of Adolescent Health pada 14 Juli 2021.

Sementara data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menunjukkan, bahwa sangat sedikit orang berusia 18 hingga 29 tahun meninggal akibat Covid-19 dibandingkan dengan orang dewasa yang lebih tua. Kelompok usia ini menyumbang lebih dari 20 persen dari semua kasus Covid-19 hingga saat ini.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved