Breaking News:

Paparkan Kinerja 2021, Cabjari Sanggau di Entikong Berhasil Kembalikan Uang Negara Rp 917, 2 Juta

telah melakukan Penyidikan terhadap empat perkara Tindak Pidana Korupsi dan tiga di antaranya kini dalam tahapan proses Penuntutan.

Editor: Nina Soraya
Tribunpontianak.co.id/Istimewa
Kepala Cabjari Sanggau di Entikong Rudy Astanto saat menunjukkan uang pengganti senilai Rp 903.500.000 yang dibayarkan terpidana kasus suap impor melalui PLBN Entikong, Kamis 25 Februari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Momentum Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-61, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Sanggau di Entikong, Rudy Astanto menyampaikan terkait capaian kinerja Cabjari Entikong dari Januari 2021 hingga Juli 2021.

"Cabang Kejaksaan Negeri Sanggau di Entikong dengan ini menyampaikan capaian kinerja yang telah diperoleh dengan maksud memberikan keterbukaan informasi dan pertanggungjawaban kinerja selama bulan Januari hingga bulan Juli tahun 2021 kepada publik,"kata Rudy Astanto, Rabu 21 Juli 2021.

Momentum Hari Bhakti Adhyaksa, Kajari Sanggau Paparkan Capaian Kinerja Selama 2021

Dalam tugas penuntutan dan eksekusi di bidang Pidana Umum, terhitung hingga bulan Juli 2021 SPDP  (Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan) perkara Pidana Umum yang telah diterima dari pihak Penyidik Polri maupun PPNS adalah sebanyak 28 perkara.

"Sebanyak 19 Perkara diantaranya telah dilaksanakan eksekusi dan sisanya dalam proses yang sedang berjalan,"jelasnya.

Sementara dalam bidang Pidana Khusus terutama dalam penanganan Tindak Pidana Korupsi, Cabang Kejaksaan Negeri Sanggau di Entikong telah melakukan Penyidikan terhadap empat perkara Tindak Pidana Korupsi dan tiga di antaranya kini dalam tahapan proses Penuntutan.

Program Unggulan Kajari Sintang, Terabas Pedalaman Salurkan Bantuan Hingga Aktif Dibidang Keagamaan

Selain itu, Cabjari Entikong juga berkontribusi pada pengembalian kerugian negara melalui uang pengganti tindak pidana korupsi maupun uang sitaan tindak pidana lainnya dengan nilai total sejumlah Rp 917.280.000.

"Selain itu terdapat juga tambahan berupa uang titipan atas pengembalian kerugian negara dengan jumlah Rp 30 juta," jelasnya.

Cabjari Entikong Tetapkan Satu Orang Tersangka Dugaan Tipikor APBDes

Kemudian, Sebagai bagian dari pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi khususnya dalam penggunaan APBDes, Cabang Kejaksaan Negeri Sanggau di Entikong melakukan penyuluhan hukum tentang penggunaan dan pengelolaan APBDes kepada seluruh Kepala Desa dan Perangkat Desa pada tujuh Kecamatan yang seluruhnya termasuk dalam wilayah hukum Cabjari Entikong.

"Hal ini juga ditindaklanjuti dengan melakukan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) ke Desa-desa serta Dusun-dusun yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia,"ujarnya.

Percepat Penaggulangan Covid-19, Kejaksaan Tinggi Kalbar Target Vaksinasi 2000 Warga

Selain itu, pada Bulan Juli 2021 dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa Ke-61 Kejaksaan Republik Indonesia "Berkarya Untuk Bangsa" tanggal 22 Juli 2021 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Ke-21 Tahun 2021 "Peduli Keluarga dan Bangsa" tanggal 21 Juli 2021, Cabjari Entikong menyelenggarakan serangkaian kegiatan yaitu Kegiatan Bakti Sosial kepada Pondok Pesantren Al Fatah Yayasan Darul Islah, Kecamatan Sekayam.

Kemudian, kegiatan donor darah dan vaksinasi Covid-19 sebanyak 59 orang bagi keluarga pegawai Kejaksaan,instansi pemerintah dan masyarakat di Kecamatan Entikong sebagai wujud bakti dan kepedulian Kejaksaan Republik Indonesia kepada masyarakat, bangsa dan negara. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved