Breaking News:

KHAZANAH ISLAM

DOA Bangun Tidur dan Artinya untuk Bacaan Doa Ketika Bangun Tengah Malam, Amalkan Dzikir Malam Ini

Dengan memanjatkan doa dan munajat pada waktu tengah malam ini, maka akan besar pula kesempatan doa tersebut dikabulkan oleh Allah SWT.

Penulis: Ishak | Editor: Ishak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Endro
BERIKUT Bacaan DOA Bangun Tidur dan Artinya untuk Bacaan Doa Ketika Bangun Tengah Malam, Amalkan Dzikir Malam Ini. Cek di artikel ini Rabu 21 Juli 2021 / ILUSTRASI. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Tengah malam adalah waktu istimewa

Satu di antara keutamaan di waktu tengah malam atau di sepertia terakhir malam adalah di mana waktu ini menjadi waktu mustajab untuk berdoa.

Dengan memanjatkan doa dan munajat pada waktu tengah malam ini, maka akan besar pula kesempatan doa tersebut dikabulkan oleh Allah SWT.

Satu di antara keterangan yang menjelaskan keutamaan waktu tengah malam ini adalah dari hadist yang diriwayatkan dari Jabir bin ‘Abdillah, di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

“Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757).

Apakah Sah Bila Shalat Subuh Tidak Baca Doa Qunut?

Di sepertiga malam terakhir adalah waktu yang dekat dengan Allah dan doa akan diijabah sebagai wujud kasih sayang Allah kepada hambaNya.

Ada pula keterangan dalam hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya:

“Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang melakukan doa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tak kurang dari itu, dirangkum dari berbagai sumber dalam penjelasan di kitab Fathul Bari, Ibnu Hajar menjelaskan, “Bab yang dibawakan oleh Al Bukhari menerangkan mengenai keutamaan berdoa pada waktu tersebut hingga terbit fajar Shubuh dibanding waktu lainnya.”.

Bacaan Doa Menyembelih Hewan Kurban

Menurutnya, sepertiga malam terakhir adalah waktu terbaik dibanding waktu waktu berdoa yang lainnya sehingga amat dianjurkan untuk dijadikan waktu untuk memanjatkan doa kebaikan kepada Allah sebab Allah selalu memberikan tanda Allah sayang pada hamba-Nya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved