PLN Gerak Cepat Tangani Listrik Padam di Beberapa Kabupaten dan Kota Pada Sabtu Malam

Beberapa lokasi terdampak listrik padam dengan durasi yang cukup lama, karena proses penormalan harus dilakukan secara bertahap

Editor: Nina Soraya
TRIBUN/DOK
Pasca terjadinya gangguan di sistem kelistrikan Khatulistiwa pada Sabtu (10/7) pukul 20.25 WIB yang menyebabkan padam di beberapa lokasi kota dan kabupaten, PLN segera lakukan penormalan secara bertahap. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pada Sabtu 10 Juli 2021 terjadi pemadaman listrik yang tidak hanya dirasakan warga Pontianak saja tapi beberapa kabupaten lainnya.

General Manager PLN Kalbar Ari Dartomo mengungkapkan gangguan terjadi di Gardu Induk  atau GI Bengkayang, sehingga menyebabkan padam sebesar 103,4 MW.

PLN Berhasil Operasikan Gardu Induk Cendana

Beberapa lokasi terdampak listrik padam dengan durasi yang cukup lama, karena proses penormalan harus dilakukan secara bertahap dengan mengoptimalkan pembangkit listrik yang ada.

Dia menjelaskan pasca terjadinya gangguan di Sistem Kelistrikan Khatulistiwa pada Sabtu 10 Juli 2021 pukul 20.25 WIB yang menyebabkan padam di beberapa lokasi kota dan kabupaten.

PLN segera lakukan penormalan secara bertahap.

Gardu Induk Sanggau Mampu Melayani 18.000 Pelanggan

"Penormalan tercepat kami lakukan pada pukul 20.31 WIB, kami utamakan pada lokasi rumah-rumah sakit yang menangani pasien Covid-19. Selanjutnya secara bertahap seluruh lokasi padam kami nyalakan satu per satu, sambil mengatur frekuensi aliran listrik yang masuk ke jaringan distribusi," ungkap Ari Dartomo, General Manager PLN Kalbar.

Beberapa lokasi terdampak padam dengan durasi yang cukup lama, karena proses penormalan harus dilakukan secara bertahap dengan mengoptimalkan pembangkit listrik yang ada.

Dorong UMKM Masuk Pasar Digital, PLN Kalbar Gelar Pelatihan Branding Produk 

Sebelum gangguan terjadi, kondisi kelistrikan sistem kelistrikan Khatulistiwa dalam keadaan aman dengan beban normal sebesar 336,5 MW, dengan daya mampu sebesar 575,8 MW.

"Saat ini kondisi sistem kelistrikan Khatulistiwa sudah kembali normal," ujar Ari Dartomo.

Penormalan terakhir kami lakukan pada pukul 22.27 WIB.

Ari Dartomo: PLN Mobile, Solusi Kebutuhan Pelanggan di Masa Pandemi

"Kita semua tidak bisa memprediksi gangguan listrik yang disebabkan oleh faktor alam, meski kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga keandalan pasokan listrik. Atas nama Manajemen PLN Kalbar, kami mohon maaf atas ketidak nyamanan layanan yang telah kami berikan," tutup Ari.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved