Breaking News:

PLN Berhasil Operasikan Gardu Induk Cendana

Dengan makin andalnya sistem kelistrikan dan kualitas listrik yang semakin baik, maka diharapkan dapat menciptakan iklim investasi yang positif

TRIBUN PONTIANAK/ NINA SORAYA
Petugas berjalan di sekitar GI 150 kV Cendana dan SUTT 150 kV Cendana Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya, Sabtu 6 Maret 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - PLN berhasil merampungkan pembangunan dan mengoperasikan (energize) Gardu Induk (GI) 150 kilo Volt (kV) Cendana yang terletak di Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP Kalbagbar), Rachmad Lubis menyebutkan bahwa pembangunan GI seluas 2 hektare ini akan meningkatkan keandalan Sistem Kelistrikan Khatulistiwa.

Terutama pada keandalan sistem distribusi dan kualitas tegangan pelayanan kepada pelanggan.

Baca juga: Sistem Khatulistiwa Surplus 100 MW, PLN Siap Dongkrak Ekonomi Kalbar

“Beban listrik yang sebelumnya berpusat di GI 150 kV Kota Baru dapat dipindahkan sebagian ke GI 150 kV Cendana. Hal ini bertujuan agar suplai tegangan listrik yang sampai ke pelanggan menjadi lebih stabil,” terangnya.

Selain GI 150 kV Cendana yang berkapasitas 30 MVA, juga dibangun 2 tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV untuk menyambungkan GI tersebut ke SUTT 150 kV Parit Baru-Kota Baru yang telah beroperasi.

Ia menambahkan, kelancaran pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini tidak terlepas dari dukungan forkopimcam, forkopimda, dan masyarakat sekitar.

Dengan makin andalnya sistem kelistrikan dan kualitas listrik yang semakin baik, maka diharapkan dapat menciptakan iklim investasi yang positif, mendorong perekonomian daerah, dan menunjang aktivitas masyarakat sehari-hari.

Baca juga: PLN-Pemprov Kalbar Gelar Konsultasi Publik Bangun SUTT 150 kV Kendawangan-Sukamara

Manager UPP Kitring KBB 1, Hendri Iriawan, menjelaskan beroperasinya GI Cendana ini membuat pasokan listrik di Kubu Raya khususnya wilayah Sungai Rengas dan sekitarnya semakin kuat dan andal dengan adanya tambahan daya yang dapat disalurkan sebesar 30 MVA.

“Saat ini suplai Sungai Rengas dan sekitarnya dari GI Kota Baru. Terkait beban puncak di sini hanya sekitar 2-3 MW,” katanya di sela-sela persiapan proses energize GI 150 kV Cendana dan SUTT 150 kV Cendana Desa , Sabtu 6 Maret 2021.

“Dengan pembangunan GI Cendana ini, harapannya bisa memindahkan beban di GI 150 kV Kota Baru. Agar tegangan yang disuplai ke masyarakat lebih stabil,” jelasnya.

Baca juga: PLN UIP Kalbagbar Tuntaskan Pembangunan SUTT Sepanjang 287 kms

Proyek pembangunan telah dimulai sejak Mei 2019. Terkait kendala, lanjut Hendri yakni masalah pengangkutan material ke lokasi proyek. Oleh karena akses jalan kurang bagus.

“Lalu proses penyelesaian ini terekendala pandemi Covid-19. Tapi Alhamdulillah, saat ini kita bisa merampungkannya dan melakukan proses energize atau pemberian tegangan,” ungkapnya.

Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved