Breaking News:

Tips Menghindari Kolestrol Tinggi Saat Lebaran, Cukup Jauhi 4 Hal Berikut Ini!

Menu khas Lebaran didominasi makanan berlemak yang dapat memicu naiknya kolesterol jahat (LDL). Melansir Centers for Disease Control and Prevention

KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID
kolestrol naik akibat banyak makan daging 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Satu diantara momen yang paling dinanti saat Lebaran adalah melahap opor ayam, rendang, gulai, dan kawan-kawannya.

Tetapi, bagi penyandang kolesterol tinggi, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar kadar kolesterol tetap terkontrol.  

Menu khas Lebaran didominasi makanan berlemak yang dapat memicu naiknya kolesterol jahat (LDL). Melansir Centers for Disease Control and Prevention (CDC), jika kadar kolesterol jahat lebih tinggi dari kolesterol baik, maka dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler, seperti hipertensi, serangan jantung, hingga stroke.

Eits, meski begitu, bukan berarti pengidap kolesterol dilarang untuk mencicipi lezatnya masakan Lebaran. Boleh-boleh saja, kok! Asal, sebisa mungkin kamu menghindari 4 hal berikut ini untuk mencegah kolesterol tinggi.

Baca juga: INFO KESEHATAN, Ikan Murah Ini Ternyata Bisa Turunkan Kolestrol Hingga Cegah Penyakit Jantung

Makan berlebihan

Sulit memang menahan godaan untuk makan sepuasnya saat Lebaran. Rasanya, ingin sekali mencicipi semua yang ada di meja!

Namun, bagi pengidap kolesterol tinggi, makan dengan porsi cukup sangat penting. Semakin kecil kalori yang dikonsumsi, semakin kecil pula kandungan kolesterolnya. Melansir Klikdokter, Anda dapat menggunakan piring kecil untuk mencegah makan berlebihan.

Usahakan juga mengonsumsi makanan berlemak tinggi tidak lebih dari satu menu. Pilihlah menu makanan berlemak yang paling jadi favoritmu. Hal ini dapat memangkas asupan kolesterol jahat yang dikonsumsi secara keseluruhan.

Tidak mengonsumsi serat

Jangan sampai melewatkan serat jika kamu tak ingin kadar kolesterol melonjak. Selain makanan bersantan, sebaiknya siapkan hidangan tinggi serat seperti sayur, buah-buahan, gandum, dan kacang-kacangan di meja makan.

Halaman
123
Editor: Maudy Asri Gita Utami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved