Breaking News:

Nasabah Jiwasraya Akan Diselamatkan ke IFG Life, Ismail : Bukan Tidak Dibayar

Maka dari itu, ujar Ismail, sebelum dipailitkan, dengan dipindah ke IFG Life upaya penyelamatannya.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ridho
Suasana Rapat kerja antara komisi III DPRD Provinsi Kalbar dengan Asuransi Jiwasraya Cabang Pontianak dalam rangka mendapatkan masukan dan informasi dengan masalah klaim nasabah Asuransi Jiwasraya, baru-baru ini. DHO 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Corporate Business Manager (CBM) Jiwasraya Cabang Pontianak, Ismail mengungkapkan pindahnya nasabah Asuransi Jiwasraya ke IFG Life merupakan upaya penyelamatan negara untuk nasabah asuransi BUMN tersebut.

Hal ini dikatakannya saat Rapat kerja antara komisi III DPRD Provinsi Kalbar dengan Asuransi Jiwasraya Cabang Pontianak dalam rangka mendapatkan masukan dan informasi dengan masalah klaim nasabah Asuransi Jiwasraya, baru-baru ini.

Dengan dipindahkan ke IFG Life, ia mengatakan bukan berarti tidak dibayar, hak nasabah tetap dibayar namun sesuai dengan persyaratan yang telah diatur.

"Sudah keputusan Kementerian dan Dewan bahwa Jiwasraya yang sudah sakit tidak boleh disuntik (dana, red) lagi. Khawatir kejadian terulang kembali pada saat yang tidak selesai-selesai," katanya.

Pegawainya Terseret Kasus Jiwasraya, OJK Junjung Tinggi Asas Praduga Tidak Bersalah

"Salah satu untuk penyelematannya maka bukan nasabah tidak dibayar, tapi dengan pembentukan IFG Life untuk menyelamatkan nasabah yang ada dengan syarat harus diresturiksasi untuk dipindahkan ke perusahaan IFG Life," tambah Ismail.

Dijelaskannya, IFG adalah holding dimana nanti untuk lifenya adalah portofolio-portofolio yang ada di Jiwasraya yang diselamatkan dengan PNM penyelamatan yang ada Rp.22 T plus aset clear.

"Jadi tidak nasabah itu tidak dibayar, justru inilah penyelamatannya karena diawal tadi sudah sampaikan dengan kondisi seperti ini bahwa dengan kewajiban sampai Rp.54,4 T, sementara asetnya hanya Rp. 15,9 T, kan tidak mungkin," terangnya.

"Namun karena ini adalah BUMN, maka nasabah-nasabah Jiwasraya diselamatkan, dipindahkan, ditarik ke bentukan baru yang namanya IFG, induknya IFG, anak-anaknya Jasindo, Jasa Raharja, Jamkrindo, Askrindo dan lima Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) ditambah IFG Life isinya portofolio-portofolio Jiwasraya," timpal dia.

Seperti diketahui, sebelumnya ia memaparkan jika neraca Asuransi Jiwasraya per 31 Desember setelah diaudit BPK Rp. 15,9 T.

Sementara, kewajiban Rp. 54,4 T per-31 Desember 2020.

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved