Virus Corona Masuk Kalbar

Pengalaman Tak Menyenangkan Para Tim Posko Covid-19 Dinas Kesehatan, Ditolak hingga Dimaki Warga

Ada yang marah, maki-maki. Ada juga yang kasih semangat. Tapi banyaknya mereka ndak kooperatif. Padahal kami butuh jawaban mereka

Dok. Dedi
Bersiap: Tim evakuasi Dinas Kesehatan bersiap berkunjung ke rumag ODP mengenakan ADP lengkap untuk mengindari kontak langsung terhadap orang yang belum diketahui status penyakitnya. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Pengalaman tak mengenakan dirasakan para tenaga kesehatan yang bertugas di Posko Covid-19 Dinas Kesehatan, Kabupaten Sintang.

Stigma negatif di masyarakat bahwa ODP berbahaya dan dijauhi masyarakat membuat upaya pencegahan virus corona terhambat.

Niat baik para tenaga medis di lapangan tak jarang berujung penolakan, hingga makian.

"Sekitar 40 persen warga yang marah, marah ketika dihubungi," kata Relly Julita kepada Tribun Pontianak, Kamis (8/4/2020)

Tata, sapaan akrabnya merupakan tim yang bertugas dibagian Penyelidikan Epidemiologi (PE) di Posko Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang.

Relly Julita tidak sendiri, ada puluhan tenaga kesehatan lainnya yang bertugas menelusuri riwayat warga yang baru bepergian ke luar daerah yang sudah terkonfirmsi kasus corona.

Di Posko Covid, dibagi menjadi beberapa tim. Ada bagian surveilans, Penyelidikan Epidemiologi, evakuasi, managemen data, disinfektan, laboratorium, penjaring hingga Call Center.

Sejak Posko Covid-19 dibentuk dan dibuka 24 jam, banyak sekali aduan yang masuk dari masyarakat yang melaporkan dirinya baru pulang dari bepergian ke luar Kabupaten Sintang, karena kesadaran masyarakat tinggi melaporkan dirinya ke Posko Covid-19.

Data kumulatif per 14 Maret sampai dengan 9 April 2020, jumlah laporan yang maduk ke Posko Covid-19 mencapai 2.494. Lepas masa karantina mandiri, 1.184. Dari jumlah itu, ada 203 orang ODP yang dihubungi oleh Call Center.

"Saya sehari hubungi 100 sampai 200 orang," sebut Relly Julita.

Halaman
1234
Penulis: Agus Pujianto
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved